PEMKAB Seram Bagian Timur (SBT) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menargetkan Dana Desa (DD) dari total 198 desa sudah harus cair sebelum akhir tahun.

Target ini dimaksudkan agar tidak ada lagi desa yang proses pencarian anggaran tahun ini tertunda sampai dengan tahun depan.

“Kita usahakan agar tidak ada lagi yang masuk Silva. Semua harus cair sebelum akhir tahun,” tandas Sekretaris Dinas, Bahrun Weul Artafela di Bula, kemarin.

Diakuinya, terdapat sejumlah desa yang sampai saat ini belum sama sekali melakukan pencairan lantaran terkendala problem karateker kepala desa. Sedikitnya ada delapan desa yang hingga kini belum sekali melakukan pencairan dana. Diantaranya seperti Kota Siri dan Rarat di Kecamatan Gorom Timur yang belum melakukan pencairan akibat adanya kekosongan penjabat dan beberapa lainnya karena kisruh penolakan karateker di kalangan masyarakat.

“Untuk mendorong cepatnya proses pencairan dana bantuan pemerintah pusat itu ke masyarakat maka pihaknya kini tengah berupaya membangun koordinasi dengan harapan agar semua anggaran itu berhasil ditransfer masuk ke rekening kas masing-masing desa,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Diminta Pacu Pendapatan Daerah

Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan identifikasi agar dicarikan jalan penyelesaian terhadap problem caretaker yang diketahui bermasalah sehingga dengan begitu proses pencairannya ke masyarakat menjadi lebih cepat.

“Desa-desa yang mengalami kekosongan penjabat kepala desa bakal segera terisi. Khusus Rarat dan Kota Siri, Camat setempat kini telah melakukan penjaringan dan mengusulkan pengangkatan penjabat kepala desa yang baru. Begitu pula desa-desa yang sedang mengalami kekisruhan atau pro dan kontra caretaker kepala desa juga diusulkan proses pergantian. (*)