DINAS Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikpora) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kembali melakukan inovasi dengan menjadikan ruang lobi kantor dinas tersebut sebagai ruang konsultasi dan layanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora kabupaten SBT Sidik Rumalowak menjelaskan, tujuan dari langkah tersebut untuk memberikan ruang akses layanan yang lebih terbuka.

“Karena birokrasi moderen dan transparan maka perlu kita membuka ruang akses layanan yang terbuka,” ungkap Sidik, Senin (9/7).

Sidik mengatakan, saat ini pelayanan di ruang lobi sudah mulai berjalan, sehingga setiap tamu atau pengunjung yang datang melakukan konsultasi tidak lagi masuk ke ruang pejabat. Kebijakan layanan ini kata Sidik, juga bertujuan sebagai upaya untuk mencegah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam proses pelayanan.

“Tidak ada pengunjung yang masuk di ruang pejabat dalam kepengurusan. Ini tentu untuk mencegah adanya faktor KKN dalam pelayanan, sehingga pejabat wajib keluar dan temui tamu di ruang layanan dengan meja konsultasi sesuai bidang-bidang,” jelasnya.

Baca Juga: Watubun Desak Pempus Tunda Penghapusan Honorer

Kebijakan layanan di  Dispora Kabupaten SBT ini direspon positif masyarakat pemerhati pendidikan. Sambutan positif dan dukungan diberikan kepada Plt Kepala Dinas Sidik Rumalowak selaku pimpinan dinas tersebut atas kebijakan yang telah dilakukan.

“Sukses terus Pak Kadis,” tulis samira di linimasa facebook miliknya.

Semenjak dinakhodai Sidik Rumalowak,  Dispora Kabupaten SBT terus berbenah dan berinovasi dalam pelayanan. Akses layanan yang lebih terbuka terus diupayakan dari waktu ke waktu untuk mendekatkan dan memudahkan proses pelayanan sekaligus mencegah KKN dalam proses pelayanan. (S-19)