AMBON, Siwalimanews – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menggandeng polda maluku melakukan pengawasan laut di negeri seribu pulau. Apel sinergi pengawasan laut digelar di dermaga Arnavat, Direktorat Polairud Polda Maluku, Rabu (18/10).

Bertindak sebagai pembina apel Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Maluku yaitu Djaka Kusmartata dan komandan apel yakni AKP Can Situmorang yang merupakan pejabat sementara Kasi Harkan Ditpolairud.

Apel bersama sinergi pengawasan laut, turut dihadiri Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Handoyo Santoso, Direktur Resnarkoba Polda Maluku, beserta pejabat dan pimpinan kementerian lembaga lainnya.

“Operasi bersama ini diselenggarakan untuk menindak lanjuti perjanjian kerja sama tentang peningkatan sinergi operasional sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing Instansi yang berkecimpung dalam pengawasan laut,” kata Kusmartata dalam sambutanya.

Menurutnya, kerja sama pengawasan laut diantaranya kesepakatan dalam tukar data dan informasi yang dilakukan antara Badan Pemeliharaan Keamanan Polri dan Dirjen Bea dan Cukai dengan Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Belanja Capai 3,1 T, Dewan Minta OPD Tingkatkan Kinerja

“Sinergi pengawasan laut untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa kita sebagai aparatur negara telah bersinergi, bekerja sama dalam mengamankan kepentingan negara terutama dalam menanggulangi dan menjaga dari pelanggaran-pelanggaran di wilayah perairan perairan Maluku,” jelasnya.

Ia berharap operasi operasi ini dapat meminimalisir atau bahkan meniadakan pelanggaran di wilayah perairan Maluku dan khususnya perairan Teluk Ambon dan sekitarnya.(S-10)