AMBON, Siwalimanews – Berbagai kebijakan yang dianggap pro rakyat, Bodewin Wattimena dinilai masih layak melanjutkan kepemimpinanya sebagai Penjabat Walikota Ambon periode 2023-2024.

Hal ini disampaikan sejumlah pedagang  di pasar dan Terminal Mardika, melalui rilis mereka yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (5/4).

Dian perwakilan pedagang dalam rilis tersebut mengatakan, kurang lebih 10 bulan terakhir memimpin Ambon pasca berakhirnya masa jabatan Richard Louhenapessy, segala bentuk kebijakan Wattimena, sangat berdampak baik bagi semua warga.

Selain itu yang bersnagkutan welcome dengan warga kota, serta membuat berbagai terobosan dengan 11 program kebijakannya, hingga memperbaiki Ambon yang sebelumnya berada pada kondisi “sakit” semasa kepemimpinan Richard Louhenapessy yang kini mulai berangsur-angsur membaik, menjadi nilai plus bagi Wattimena.

“Dengan itu, kami selaku warga kota masih menginginkan pak Bodewin Wattimena dipertahankan lagi untuk memimpin kota Ambon, sekaligus melanjutkan apa yang telah diprogramkan, yang dinilai program-program itu sangat pro rakyat, tidak hanya kami sebagai pedagang, tetapi juga kami rasa, masyarakat pada umumnya juga akan berpikir yang sama,” ujarnya.

Baca Juga: Lawan PK Moeldoko, Demokrat Ambon Minta Perlindungan Hukum

Menurut para pedagang, belum ada satupun  Walikota Ambon yang membuat trobosan bagi kota ini, yang semuanya itu dapat berjalan aman tanpa perlawanan yang berarti. Jikapun ada, hal itu akan direspon cepat oleh seorang Bodewin Wattimena, terutama melalui progam Walikota Jumpa Rakyat (WAJAR), yang mana program tersebut, sangat membantu masyarakat, karena dapat bertatap muka langsung dengan pemimpin di kota ini.

“Disitu semua orang bisa menyampaikan  keluhan dan menyerap aspirasi masyarakat yang terjadi pada masing-masing lingkungan masyarakat di kota ini, termasuk kami para pedagang juga merasa dibantu baik dari segi  pelayanan untuk menyampaikan keluhan kami, semua persolan yang terjadi akhir-akhir ini di Pasar Mardika, dan itu direspon baik dan cepat oleh beliau. Itulah sosok pemimpin yang diinginkan sebenarnya,” tuturnya.

Keinginan yang sama juga disampaikan Ketua Umum ASKA Kota Ambon Paulus Nikijukuw, bahwa dengan kepemimpinan Bodewin Wattimena selaku Penjabat Walikota Ambon, tindakan-tindakan premanisme yang sering terjadi di kawadan pasar dan Terminal Mardika dapat diberantas.

Begitupun dengan pembangunan-pembangunan lapak illegal yang sangat meresakan, yang terjadi di kawasan terminal itu semua dapat direspon cepat hingga tidak lagi berlanjut.

“Artinya, itu yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin. Karena semua orang tahu, bahwa itu illegal, apalagi sesuai aturan itu tidak diperbolehkan, dimana terminal harus dikembalikan sesuai fungsinya, dan sebagai konpensasi bagi pedagang, pedagang diijinkan berjualan usai aktivitas angkot dan itu berjalan dengan baik, karena semua orang menerima seperti itu,” tuturnya

Untuk itu, selaku Ketua Umum ASKA Kota Ambon, pihaknya meminta, agar Mendagri tetap mempertahankan Bodewin Wattimena selaku Penjabat Walikota Ambon periode 2023-2024.

“Kinerjanya baik dan terbukti, maka itu juga harus jadi bahan pertimbangan Mendagri untuk tetap mempertahankan kepemimpinan beliau,” ucapnya. (S-25)