DINAS Pendidikan dan Kebu­dayaan Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP se-Kabupaten Maluku Barat Daya, yang berlang­sung di Ruang Serbaguna Tiakur, Jumat (28/10).

Ketua Panitia Pelaksana, Abdon Yermias menyampaikan, pendidikan di Indonesia diarahkan untuk membentuk manusia seutuhnya. Dalam pendidikan terkandung unsur pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang terpadu dalam kreatifitas serta kepribadian siswa.

“Unsur yang terkandung dalam pendidikan tersebut merupakan tuntutan agar peningkatan mutu di bidang pendidikan harus selalu dibina, antara lain melalui pembinaan kesiswaan, sebagai salah satu wa­dah untuk mendorong peningkatan motivasi berprestasi peserta didik di bidang akademik,” ujar Yermias.

Kepala Bidang SMP ini menam­bah­kan, seiring dengan peningkatan mutu pendidikan, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabu­paten MBD memprogramkan pem­binaan kesiswaan yang bertujuan agar para siswa mampu tumbuh menjadi insan-insan yang bermutu dan memiliki daya saing yang meningkat.

“Penyelenggaraan kompetisi di bidang pengetahuan umum yang dirumuskan melalui kegiatan Lomba Cerdas Cermat siswa tingkat Ke­camatan dan dilanjutkan dengan tingkat Kabupaten. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan peserta yang telah lolos sebagai pemenang tingkat Kecamatan, dan saat ini dihadiri oleh perwakilan dari 9 Kecamatan, masing-masing keca­matan diwakili oleh 3 peserta dan 1 guru pendamping,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Dukung Kontingen Pesparani Maluku

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda MBD,P Y. Rupilu, menyampaikan cerdas cermat merupakan salah satu bentuk kompetisi antar siswa, baik yang dilaksanakan di sekolah maupun antar sekolah, di tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Kegiatan cerdas cermat bertu­juan untuk dapat mengetahui minat dan bakat yang dimiliki setiap siswa dan dijadikan sebagai dasar pe­ngembangan diri, serta memaksi­malkan kemampuan intelektual, mengasah ketelitian berfikir se­hingga mampu membuat keputusan yang tepat jika diperhadapkan dengan dua pilihan, dan keputusan yang dibuat adalah benar dan tepat,” ujarnya.

Dirinya meyakini dari setiap Kecamatan yang datang untuk ber­lomba, pasti sudah mempersiapkan diri secara matang dengan materi yang diberikan oleh guru maupun diperoleh melalui media online.

“Setiap tim mungkin juga sudah punya target untuk sampai pada babak final, akan tetapi kita juga harus menyadari dan mengakui bahwa proses tidak akan membo­hongi hasil. Artinya siapa yang sungguh-sungguh belajar dengan fokus, disiplin, sabar dan selalu bersemangat, yang akan jadi pemenang,” ungkap Rupilu.

Rupilu mengharapkan, para peserta lomba sportif dan berjiwa besar, teruslah belajar. Maka yakinlah bahwa pada waktunya kalian akan menjadi pemenang yang sejati, serta jadilah peserta lomba yang bertanggung jawab dan jujur.(S-08)