TOKOH adat dan masyarakat Pulau Meatimarang menyambut kedatangan Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan,  Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Gubernur Maluku Murad Ismail. Tiba di Pulau Meatimarang, Kecamatan Mdona Hyera, salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Australia,Kamis (15/6).

Rombongan tiba dengan menggunakan helikopter AW 169, diterima oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya,  Agustunus L. Kilikily, dan sambutan secara adat oleh tokoh adat setempat, Daniel Miru dan Selvianus Saleky. Paulus Wolantery yang mewakili masya­rakat Pulau Meatimarang, menghi­bahkan tanah kepada pemerintah daerah guna pembangunan Pos Pengamanan Pulau Terluar,  turut disaksikan kedua Menteri.

Setelah itu rombongan Menkopolhukam dan Mendagri yang didampingi Gubernur Maluku dan Bupati MBD juga melakukan dialog dengan anggota Pamputer di Pulau Meatimarang. Menkopolhu­kam dan Mendagri juga berkesem­patan memberikan bantuan kepada Pamputer Meatimarang berupa 1 Unit Genset dan bantuan sembako kepada Pos Pamputer dan Masya­rakat Pulau Meatimarang Desa Luang Barat. Selanjutnya pada pu­kul 12.25 WIB, rombongan kembali ke Tiakur dengan menggunakan helikopter AW 169.

Setelah tiba di Lapangan Kalwedo Tiakur, Menkopolhukam dan Mendagri menuju Markas Komando Distrik Militer 1511/Pulau Moa untuk melaksanakan kegiatan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2023, de­-ngan mengangkat tema “Pening­katan Produktivitas Untuk Trans­-formasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan di Kawasan Perbatasan Negara.(Mg-2)