AMBON, Siwalimanews – Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka memulai safari politik di Kota Ambon dengan mendengar keluhan sejumlah raja di Maluku.

Agenda mendengarkan aspirasi masyarakat Maluku ini berlangsung di Lantai II Banda Naira Ballroom Swiss-Belhotel yang dihadiri perwakilan raja-raja se-Maluku serta kelompok saniri.

Dihadapan Gibran, Raja Hitu Mesing H Ali Slamat menyampaikan apreasiasi atas kehadiran Gibran di Kota Ambon sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi Maluku.

Ali mengatakan, salah satu persoalan yang harus mendapatkan perhatian serius dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih yakni, adanya keterwakilan anak Maluku dalam kabinet.

“Sebagai perwakilan raja-raja di Maluku, kami minta apabila terpilih, maka ada salah satu menteri dari masyarakat Maluku,” ujar Ali.

Baca Juga: Rekam Orang Sedang Mandi, Pemuda Ini Dituntut 4 Tahun Penjara

Menurutnya, adanya keterwakilan tokoh-tokoh Maluku dalam kabinet kedepan dianggap penting, sebab dari segi kompetensi dan kapasitas orang Maluku memiliki sumber daya manusia yang luar biasa.

Ditempat yang sama Raja Tulehu Urian Ohorella juga minta agar ada keberpihakan pada politik anggaran yang berhubungan dengan Maluku, mengingat geografis sebagian besar Maluku adalah kepulauan, maka membutuhkan anggaran yang besar.

Ohorella juga menyinggung persoalan Blok Masela yang hingga saat ini belum terealisasi, sehingga diharapkan dapat mendorong percepatan proyek tersebut.

“Untuk wilayah Maluku yang potensial adalah perikanan dan sampai saat ini belum ada sentuhan dari pemerintah pusat, padahal sumber daya alam kita kaya, namun belum dilirik, akibatnya terjadinya kemiskinan baik dari masyarakat ataupun secara statistik,” ucapnya.

Sementara itu Saniri Negeri Kaitetu Arsad Lumaela berharap, jika nantinya terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari 2024, Prabowo -Gibran tidak menutup dari bagi Maluku, karena Maluku juga bagian dari NKRI.

Persoalan pembangunan harus mendapatkan perhatian serius pemerintah pusat agar Maluku dapat sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

“Semua keluhan yang telah disampaikan diharapkan menjadi perhatian yang serius, karena Maluku merupakan salah satu provinsi termiskin dan diharapkan pada 2024 akan ada perubahan bagi Maluku,” cetusnya.

Mendengar keluhan raja-raja se-Maluku, Gibran yang didampingi selebriti Raffi Ahmad menjelaskan, dirinya bersama Calon Presiden Prabowo Subianto menginginkan adanya pemerataan pembangunan termasuk di Maluku.

“IKN adalah simbol dari penataan pembangunan dan koneksifitas, sehingga kedepannya kami juga ingin ada titik-titik pertumbuban ekonomi yang baru termasuk di Maluku,” ujar Gibran.

Terkait peningkatan SDM, Gibran menegaskan nantinya akan digenjot lagi dengan program kerja dari pasangan Prabowo -Gibran salah satunya yakni program kerja.(S-20)