Desa Banggoi, Kecamatan Bula Barat segera memiliki puskesmas baru pasca peletakan batu pertama pembangunan gedung puskesmas oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas belum lama ini.

Bupati Keliobas mengatakan, dibangun puskesmas di Banggoi menjadi kebanggaan tersendiri dan patut untuk disyukuri semua pihak.

Pembangunan ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata bupati dalam sambutannya.

Masyarakat menurutnya harus mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai termasuk di  Desa Banggoi, Kecamatan Bula Barat.

Hal ini tentu dilakukan pemerintah demi terwujudnya pemenuhan hak-hak masyarakat di bidang kesehatan, terutama yang berada dalam wilayah kerja Kecamatan Bula Barat.

Baca Juga: Miliki e-KTP, Gratis Antigen di Kabupaten Buru

“Saya berharap dengan pembangunan gedung puskesmas dapat menorehkan memiliki manfaat dan akan terasa manfaatnya jika diiringi dengan pelayanan yang baik,” pintanya.

Orang nomor satu di SBT ini mengaku pembangunan puskesmas sifatnya sebagai penunjang, dan paling terpenting adalah peran para petugas yang bertugas nantinya.

“Puskesmas nanti akan kita dilengkapi dengan sarana prasarana seperti rumah dinas, pos security, air bersih, pengolahan air linbah, mebeleur dan peralatan kesehatan yang memadai lainnya,” janjinya.

Di tahun-tahun mendatang dirinya berjanji akan membenahi sarana dan prasarana terutama di bidang kesehatan di kabupaten paling timur di pulau seram tersebut. Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan sarana, prasarana kesehatan dalam beberapa tahun kedepannya.

Tidak hanya itu selain prasarana di bidang kesehatan dirinya juga mengaku kalau pemerintah juga mendukung program prioritas nasional yakni penurunan angka stunting dan angka kematian ibu dan bayi serta standar pelayanan minimal di daerah.

Diakhir sambutannya ia me­minta semua pihaknya ikut me­ngawasi pembangunan pemba­ngu­nan puskesmas tersebut. (S-47)