PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy me­nghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, yang dipusatkan di lapangan upacara Polres Maluku Tengah, Sabtu, (1/7).

Tampil sebagai Inspektur pada upacara Kapolres Maluku Tengah, AKBP Dax Emmanuelle, S. Mani­pulasi.

Selain Penjabat Bupati, upacara tersebut turut dihadiri unsur For­kom­pimda Maluku Tengah, TNI Polri, pimpinan OPD Pemkab Mal­teng, tokoh masyarakat hingga pelajar.

Usai pelaksanaan Upacara, Kasi Humas Polres Maluku Tengah Ipda Mappasini mengatakan,Kapolres Maluku Tengah AKBP Dax bersama Penjabat Bupati Maluku Tengah dan unsur Forkopimda memberi peng­har­gaan kepada personil Polres Maluku Tengah yang berprestasi dan masyarakat yang membantu kepolisian, khususnya di Polres Maluku Tengah juga diberi peng­hargaan.

Setelah pembagian penghargaan, Kapolres Maluku Tengah bersama Penjabat  Bupati Maluku Tengah dan unsur Forkopimda Maluku Te­ngah menuju ke gedung GOR Bhayangkara Polres Maluku Tengah untuk melaksanakan syukuran Hari Bhayangkara ke- 77.

Baca Juga: Walikota Apresiasi Festival Hadrat

Dikesempatan itu Kapolres dalam sambutannya meminta seluruh per­sonilnya  untuk terus menjaga ko­mitmen bersama anggota Polri dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta dapat mendukung segala program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, per­tumbuhan, serta kondusifitas ne­gara Indonesia menjelang tahun politik 2024 hingga masa mendatang.

Dikatakan, HUT Bhayangkara ke- 77 merupakan saat yang tepat untuk melihat kembali capaian Polri yang telah dicapai bersama.

“Puji Tuhan, Alhmdulillah, hasil­nya telah memberi energi dan se­mangat untuk berubah menjadi lebih baik, karena terjadi peningkatan kepercayaan terhadap institusi Polri,” sebutnya.

Kapolres mengajak  seluruh personel Polri dilingkungan Polres Malteng untuk mewujudkan intruksi Presiden. Diantaranya,  pertama agar terus aktif dalam mendukung ke­bijakan pemerintah dalam men­jaga iklim investasi di seluruh wilayah NKRI terlibat di Provinsi Maluku dan Maluku Tengah khususnya.

“Hal ini agar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat meningkat dengan baik, ke­mudian, hindari Polarisasi Identitas menjelang tahun politik pada Pemilu 2024 yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.Serta, diha­rapkan dapat menguasai perkem­bangan teknologi mutakhir dalam menghadapi ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan negara yang semakin kom­pleks,” jelasnya.

Kapolres meminta anggota Polri di jajaranPolres Malteng agar tidak lengah menjalankan tugas pokok dalam menjaga keamanan dan ke­tertiban masyarakat. Menegakkan hukum dan memberikan perlindu­ngan, pengayoman dan keamanan masyarakat.

Penjabat Bupati Malteng, Muha­mat Marasabessy mengaku bahagia sebab, dapat mengambil bagian dan merasakan kebahagian bersama keluarga besar Bayangkara di jajaran Polres Maluku Tengah pada pera­yaan Hari Ulang Tahun Bayangkara yang ke-77 tahun 2023.

“Saya ucapakan selamat Hari Bhayangkara ke-77 disertai apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras Polres Maluku Tengah dalam melayani rakyat, menghadirkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mewu­judkan rasa keadilan dengan men­junjung tinggi profesionalitas polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,”ujarnya.

Dikatakan, pemerintah dan mas­yarakat di Bumi Pamahanunusa menaruh harapan besar kepada Polres Maluku Tengah, dengan kewenangan yang sangat besar sesuai amanat undang-undang agar kiranya Institusi Polres yang me­miliki perangkat sampai ke desa/negeri dimana setiap saat anggota polres besentuhan langsung dengan masyarakat mampu melakukan tugas dan pengabdiannya dengan sebaik-baiknya.

“Dengan perkembangan tekno­logi informasi yang semakin maju dan modern, maka seluruh aktivitas kita secara khusus para personil Polres sangat mudah dipantau dan diamanati. Karena itu, hendaknya dalam menjalankan tugas dimana saja, saya berharap para personil Polres tetap tampil humanis dan persuasif dalam melayani masya­ra­kat. Rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh mas­yarakat. Polres harus mengedepan­kan upaya pencegahan dalam men­jaga kamtibmas,” cetusnya. (S-17)