AMBON, Siwalimanews – Kebijakan pemerintah tentang peniadaan sekolah tatap muka demi mencegah penyebaran Covid-19, membuat para siswa terpaksa harus melakukan proses belajar secara daring dari rumah masing-masing.

Namun, sayangnya banyak kendala yang dihadapi orang tua murid bahkan siswa sendiri dalam mengiktui proses pembelajaran seperti ini. Kendala terbanyak yang dihadapi adalah, tak adanya jaringan internet serta ketiadak pahaman para siswa menggunakan smartphone Melihat kondisi ini, maka Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku maka Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku meluncurkan program BRAIN ( Brimob Ramah Anak Indoensia), yang merupakan tindak lanjut dari program Dankorbrimob Irjen Anang Revandoko.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur disela-sela peluncuran tersebut, Selasa (25/8) menjelaskan, program yang dicetuskan oleh Dankorbrimob Polri Irjen Anang Revandoko ini sebagai bentuk pengabdian Brimob untuk anak sekolah di masa pandemi covid-19.

“Sebelum proses belajar mengajar dilakukan para pelajar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak,” ujar Dansat.

Ia berharap, melalui program inovasi BRAIN ini, dapat membantu anak-anak dan para orang tua yang kesulitan dalam menyediakan fasilitas jaringan internet, smartphone dan laptop untuk menjalani proses pembelajaran secara online.

Baca Juga: Polwan Maluku Kembali Berbagi dengan Sesama Ditengah Pandemi

“Program ini tentu untuk membantu masyarakat terutama anak anak yang belum memiliki fasilitas untuk belajar secara online, kita sebagai anggota Polri akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkap Dansat.

Sementara itu, Wakil Komandan Detasemen Gegana AKP Noovy EA Sapulette menambahkan, program Dankor Brimob  ini merupakan program untuk mencerdaskan anak bangsa sehubungan dengan kondisi covid yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia tak terkecuali provinsi Maluku khususnya Kota Ambon.

“Untuk itu, Satuan Brimob mencoba memfasilitasi adik-adik ini dengan wifi untuk belajar sehingga mereka tetap menjadi anak-anak yamg cerdas di masa yang akan datang bagi bangsa ini,” ungkap AKP Noovy.

Diharapkan, dengan adanya ruang pembelajaran berupa program BRAIN ini diharapkan para pelajar yang ada di Kota Ambon, tidak lagi menghadapi berbagai kendala dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Selain Detasemen Gegana yang meluncurkan program ini, di hari yang sama pula Kompi 4 Batalyon Pelopor Satuan Brimob Maluku juga meluncurkan program tersebut. (S-45)