AMBON, Siwalimanews – Lepas 128 pasukan BKO ke Kabupaten MBD, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Tual, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw meminta, anggotanya siap membantu Polri mengamankan pilkada 2020 pada empat kabupaten di Maluku.

“Jadi selain menyatu dengan masyarakat, dengan adanya mereka bisa menciptakan kondisi yang kondusif menjelang pilkada,” jelas Danrem kepada wartawan usai melepaskan keberangkatan 128 personil BKO TNI AD di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Rabu (15/7).

Menurutnya, personil BKO ini akan ditempatkan di tiga wilayah dan merupakan gabungan personil dari seluruh Kodam di Indonesia.

“Semuanya personil BKO ini berasal dari luar Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII Cendrawasi dan Kodam XVIII/Kasuari,” kata Danrem.

Ia menjelaskan, jumlah keseluruhan personil yang dikirim sebanyak 250 orang. 128 personil dikirim hari ini (kemarin-red) ke Kabupaten MBD 42 orang, Kota Tual 44 orang, dan Kabupaten Kepulauan Aru 42 orang, sisanya untuk Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten SBB dan Kabupaten SBT akan dikirim Sabtu ini.

Baca Juga: Makoden Gegana Terapkan Protokol Kesehatan

Ia mengaku, di Maluku baru ada  5 Komando Distrik Militer  atau Kodim. Sedangkan  enam wilayah lain belum yakni, Kabupaten MBD, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten SBT, Kabupaten SBB dan Kabupaten Buru Selatan.

Untuk itu setelah dilakukan permintaan ke Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), guna menambah personil dari kodam-kodam lain untuk mengisi di wilayah yang belum ada kodim.

“Jadi salah satu tugas utama personil yang kita kirim saat ini adalah, bersama dengan pemerinah daerah setempat mereka membentuk kodim-kodim persiapan, sehingga harapan kita setiap kabupaten/kota di Maluku kedepan punya 1 kodim dengan koramil-koramilnya,” Itu tujuan kita,” tegasnya.

Ditambahkan, pasukan BKO ini sendiri akan berangkat ke wilayah masing-masing dengan menggunakan dua kapal dengan tujuan berbeda yakni, Sabuk Nusantara 78 tujuan MBD dan Sabuk Nusantara 34 tujuan Kota Tual  dan Dobo. (S-39)