AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baharuddin Djafar menemui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM Perwakilan Maluku, Rabu (15/7).

Dalam kunjungan itu, Kapolda didampingi, Irwasda, Direskrimum dan Kabid Propam Polda Maluku itu disambut Ketua Komnas HAM Per­wakilan Maluku Benediktus Sarkol.

Kapolda mengatakan, tujuannya ia hadir sekaligus bersilaturahmi ke Komnas HAM tidak lain adalah untuk mendekatkan diri dengan rekan-rekan di komnas

“Selain bersilaturahmi, kami hadir disini juga untuk membahas apa yang menjadi kinerja kita bersama,” ujarnya.

Kapolda mengakui, dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini di­pastikan ada hambatan dalam pela­yan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. “Saya selama bertugas di Polda Maluku, banyak yang saya temui adalah persoalan antar kampung, masalah kekerasan dalam rumah tangga serta konflik pertikaian dan konflik horizontal,” jelasnya.

Baca Juga: Kapolda: Jangan Coba-coba Main di Pilkada

Satu diantaranya, lanjut Kapolda, adalah kasus yang terjadi di Pulau Seram, dimana salah satunya yakni PT Nusa Ina dan hal ini adalah dam­pak konflik yang sangat besar.

“Kami dari Polda Maluku juga sudah menerima beberapa laporan dari permaslahan tersebut, Kami harapkan dari pihak Komnas juga harus melihat serta memantau hal ini. Kalau kita sudah duduk bersama seperti ini, meyakini bahwa setiap persoalan yang terjadi di Maluku Insya Allah bisa kita selesaikan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM Benediktus Sarkol mengaku, untuk persoalan yang terjadi di PT Nusa Ina, pihak Komnas juga sudah pernah turun kesana sejak 2015- 2017. Peninjauan ke perusahaan itu atas dasar laporan dari masyarakat setempat.

“Saat kami turun, yang kami temui disana adalah penanaman Kelapa Sawit yang sudah melewati batas tanah tertentu, disini membuat gejolak dan akar dari sebuah permasalahan yang terjadi di sana,” ujarnya.

“Harapan saya kedepan kami siap dalam status untuk pentahapan setiap persoalan yang kami kerjakan. Kami akan selalu berkolaborasi untuk selesaikan persoalan yang kita tangani. Kami sangat berterima kasih kepada pak Kapolda dan rekan-rekan dan kami juga sangat mengutamakan sebuah kinerja yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.(S-32)