AMBON, Siwalimanews – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A Dhewo beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cab 7/D III Lanud Pattimura Ny Elisabeth Dhewo, melaksanakan nonton bareng bersama seluruh personel Lanud Pattimura di Bisokop XXI Mall Ambon City Center, Kota Ambon, Jumat ( 26/11) kemarin.

Humas Lanud Pattimura dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (27/11) menjelaskan, nobar film Kadet 1947 ini digelar untuk mengenang kisah perjuangan para kadet yang telah berjuang mempertahankan dan membangkitkan semangat perjuangan demi keutuhan NKRI, dan memperlihatkan semangat juang para kadet Angkatan Udara untuk membela tanah air Republik Indonesia.

“Film yang disutradarai oleh Rahabi Mandra tersebut, mengisahkan serangan udara oleh para kadet Angkatan Udara ke markas tentara Belanda di Semarang dan Salatiga,” tulis Humas Lanud dalam rilisnya.

Film Kadet 1947 mengadaptasi kisah nyata tentang sejarah kemerdekaan Indonesia saat berhadapan dengan agresi militer Belanda 1 juli 1947. Pada saat itu, Belanda melanggar perjanjian Linggarjati, sekolompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, ingin turut andil dalam mempertahankan kemerdekaaan Indonesia, sehingga terjadi peristiwa heroik tersebut, yang dikemas dalam suatu film yang menarik untuk ditonton oleh masyarakat berbagai kalangan usia.

Film tersebut, banyak mengajarkan kepada masyarakat dalam menghargai perjuangan para pahlawan terdahulu. Agar masyarakat selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam mempertahankan kemerdekaan, salah satunya melalui film Kadet 1947.

Baca Juga: Soal Lahan Tawiri, Ini Penjelasan Danlanud

Film ini juga mengisahkan mengenai sejarah yang memperlihatkan nasionalisme anak muda pada masa itu, diantara perjuangan, pengorbanan dan cinta yang dikemas dalam semangat nasionalisme.

“Film yang menyentuh dan sungguh menumbuhkan rasa patriotisme, semangat, dan kebanggaan sebagi prajurit TNI AU,” ujar Danlanud Pattimura setelah menyaksikan film tersebut.

Beberapa aktor yang membintangi film berdurasi 110 menit ini antara lain, Kevin Julio, Baskara Mahendra Ajil Ditto, Samo Rafael, Wahda Saifan, Fajar Nugra, dan Chicco Kurniawan, serta sederet aktor lainnya. (S-51)