AMBON, Siwalimanews – Komandan Pangkalan Utma TNI AL (Danlantmal) IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, melakukan kunjungan silahturahmi ke Komandan Korem 151/ Binaiya Brigjen TNI Arnold A P Ritiauw di Makorem 151/ Binaiya.

Dalam kunjungan tersebut Danlantamal mengatakan, tujuan dilakukannya kunjungan ini dalam rangka bersilaturahmi dengan Danrem 151/ Binaiya, untuk bersinergi antara Lantamal IX dengan Korem dalam menjalankan tugas dan menjaga keamanan secara bersama – sama untuk membangun Ambon dan Maluku.

Pada kesempatan itu Danrem menyampaikan terimakasih atas kunjungan silahturhami yang dilakukan Danlantamal IX. Pasalnya dengan sinergitas dan kekompakan kedua Matra  TNI AL dan TNI AD tersebut demi tercipta dan terpeliharanya situasi yang kondusif di Ambon dan Maluku umumnya.

Temui Walikota

Sehari sebelumnya juga, Danlantamal melakukan kunjungan yang sama ke Pemkot Ambon dan bertemu dengan Walikota Richard Louhenapessy.

Baca Juga: DPRD Dukung Penyertaan Modal bagi Panca Karya

Pada pertemuan itu, Danlantamal mengaku, sebagai pejabat baru ia ingin memperkenalkan diri kepada Walikota Ambon, karena melihat luas wilayah Maluku 92,4 persen adalah lautan sehingga selalu berhubungan dengan kegiatan kemaritiman, seperti potensi wisata bahari laut.

“Rumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX memiliki fasilitas peralatan Chamber Hiperbarik sangat diperlukan pada kegiatan penyelaman. Kedepan diharapkan terjalin kerjasama yang baik dengan Pemkot Ambon dalam membangun Maluku khususnya Kota Ambon,” ujar Danlantamal.

Menurutnya, tujuan kunjungan ini juga dalam rangka mempererat sinergitas Lantamal IX dan Pemkot Ambon dalam menjalankan tugas serta mendukung kebijakan walikota yang merupakan kewajiban dan menjadi tanggung jawab bersama dalam membangun Kota Ambon kedepan.

Pada kesmepatan itu, walikota mengatakan, Danlantamal IX  sebagai Forkopimda plus, dapat bersinergi bersama pemkot dengan melibatkan prajuritnya untuk turut mengawasi dan menjaga ketertiban pelabuhan laut.

“Karena Ambon merupakan kota transit butuh pengawasan khusus terhadap orang yang datang berkunjung melalui jalur laut. Warga Ambon sangat menghargai dan hormat kepada TNI, oleh karena itu kita akan adakan rapat membahas lebih lanjut tentang bantuan Lantamal IX untuk mengawasi dan menjaga pelabuhan,” ujar walikota. (S-21)