AMBON, Siwalimanews – Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, meninjau lokasi rencana penanaman mangrove di sepanjang pantai Markas Komando Lantamal IX.

Tanaman bakau atau yang biasa disebut mangrove itu dipilih karena memiliki manfaat mencegah erosi dan abrasi pantai selain itu juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi satwa, sebagai penyaring alami serta pengurai bahan kimia yang mencemari laut, endapannya berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Mangrove adalah tumbuhan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai. Dimana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Disela-sela peninjauan Danlantamal IX mengatakan, kegiatan ini merupakan program penghijauan untuk melestarikan lingkungan hidup agar tetap asri.

“Pengelolaan lingkungan hidup yang baik merupakan sebuah kewajiban dan tanggungjawab bersama. Diantaranya, upaya untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri, meningkatkan kesadaran masyarakat dan stakeholder dalam menjaga lingkungan untuk generasi penerus bangsa ini,” ujar Danlantamal. (S-21)

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-74 Berlangsung Hikmat