TIAKUR- Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar upacara pe­ringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di halaman kantor bupati, Senin (2/10).

Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa ditunjuk sebagai inspektur upacara dan komandan upacara dipercayakan kepada Lettu Inf. Luis Sagulani.

Dalam amanatnya Dandim me­ngatakan Pancasila juga meru­pakan pengingat bahwa di tengah situasi dan kondisi negara saat ini, kedaulatan Indonesia tetap berdiri tegak berdasarkan pada keadilan sosial dan persatuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Mari dalam hal ini kita sama-sama merefleksikan lagi nilai-nilai Pan­casila sebagai upaya menya­tukan cita-cita dan langka kede­pan,” harapnya.

Dikatakan, ada banyak tantangan bangsa yang harus ditangani termasuk dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Nakes, Damkar dan Satpol PP Meradang!

Peringatan Hari Kesaktian Pan­casila ini perlu dijadikan momentum merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang.

Dalam hal ini hendaknya kita tidak mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

“Inilah waktunya merancang ke­tim­pangan baru yang mengede­pan­kan kemajuan semua kelom­pok masyarakat dan memprioritas­kan konservasi alam,” terangnya.

Pancasila bisa berperan seba­gai titik berangkat sekaligus seba­gai tujuan pembangunan bangsa dan negara.

“Kebangkitan dan kemajuan ba­ngsa ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk meng­em­bangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggi­lan hatinya. “Inilah titik berangkat kita,” harapnya.

Diharapkan generasi pelajar, pan­casila akan hadir, dimana melahir­kan sosok pembelajar sepanjang hayat yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan global, mampu bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

“Para pelajar itulah, yang akan me­neruskan estafet pembangu­nan indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan,” pungkasnya.

Hadir pada peringatan itu Wakil Bupati MBD, Agustinus Lekwarday Kilikily, Penjabat Sekda Daud Reimialy, Kapolres AKBP Pulung Wietono, para staf ahli dan seluruh ASN. (S-28)