AMBON, Siwalimanews – Merespon kondisi curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, maka Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap siaga.

“Jika dilihat akhir-akhir ini memang curah hujan yang begitu tinggi terus terjadi di Maluku, khususnya di Kota Ambon, kita minta masyarakat untuk tetap siaga,” ujar Sairdekut kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (14/7).

Menurutnya, semua lembaga, baik BMKG maupun BPBD tidak dapat memprediksi waktu terjadinya bencana, sehingga hanya memberikan peringatan melalui media-media massa di daerah ini.

Karena itu, sikap waspada dari masyarakat harus tetap ditunjukan dengan merespon semua informasi yang dikeluarkan oleh BMKG berkaitan dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Lebih khusus Sairdekut mengingatkan kepada warga yang tinggal di lereng gunung dan daerah bantaran kali untuk lebih waspada dan siaga terhadap kemungkinan apapun.

Baca Juga: PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik di Faskes Rujukan Covid

“Khusus bagi warga yang tinggal di daerah aliran sungai dan lereng gunung untuk tetap lebih waspada,” tegasnya.

Sairdekut juga meminta kepada BMKG untuk proaktif memberikan informasi terkait dengan kondisi cuaca dan curah hujan agar masyarakat lebih siaga.

Politisi Gerindra ini juga meminta kepada BPBD baik Provinsi Maluku maupun kabupaten/ kota untuk lebih tanggap dengan semua situasi yang terjadi.

“BPBD juga kita ingatkan untuk sigap guna mengantisipasi dampak bencana akibat curah hujan yang begitu tinggi,” ucapnya. (S-50)