DOBO, Siwalimanews – Cuaca buruk yang melanda Ka­bupaten Kepulauan Aru membuat maspakai penerbangan Wings Air dari Ambon tujuan Dobo harus dialihkan pen­da­ratannya ke Ka­bupaten Kaimana, Provinsi Papua.

“Akibat cuaca eks­trim ini pesawat Wings Air dari Ambon tujuan Dobo akhirnya harus men­darat di Bandara Kaimana Papua pagi tadi,” jelas staf Ban­dara Rar Gwama Dobo, Richard Kilikili kepada Siwa­lima di Dobo, Selasa (18/1).

Menurutnya, maspakai penerbangan Wings Air seharusnya mendarat di Bandara Rar Gwamar Dobo pukul 10.00 WIT, namun hingga pukul 14.00 WIT belum ada konfirmasi dari Bandara Kaimana terkait informasi maspakai tersebut menuju Kota Dobo.

“Nantinya sekitar pukul 15.20 WIT, baru pesawat Wings Air mendarat di Bandara Rar Gwamar Dobo dari Kaimana,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Siwalima dari BMKG Kelas II Bandara Pattimura Ambon, angin di wilayah Kepulauan Aru terpantau dengan kecepatan 30-40 knot, kelembaban suhu 75-100 persen dengan ketinggian gelombang 1.25-2.5 Meter.

Baca Juga: Siswa SD Diberi Pelajaran Pancasila dan UUD 45

Pohon Tumbang

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Dobo dan wilayah Kabupaten Aru secara keseluruhan, membuat sejumlah pohon tumbang hingga menutup akses jalan, Selasa (18/1).

Pantauan Siwalima di Kota Dobo, terlihat pada ruas jalan Pertamina arah bandara menuju Polres Aru tepatnya di kilometer lima, pohon jati putih tumbang menutupi ruas jalan tersebut.

Selain itu, di ruas jalan Rabiajala di Kelurahan Siwalima, sebuah pohon Ketapang besar ikut tumbang menutupi jalan setapak

Kepala pos SAR Aru, Roy Loppies menjelaskan, berdasarkan data BMKG yang diterimanya secara umum Maluku berada pada peringatan dini, khususnya wilayah Kabupaten Kepulauan Aru. (S-25)