AMBON, Siwalimanews – Kanidya Christandira Tuhumury berhasil menyamai prestasi yang pernah diraih oleh Monika Rumlaan di ajang pemilihan Putri Pariwisata Maluku.

Christandira peserta dari Kota Ambon berhasil menjadi finalis Putri Pariwisata tahun 2023, sedangkan mahkota Putri Pariwisata Maluku tahun 2022 dipakai oleh Monika Rumlaan dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Otomatis Christandira akan menjadi duta Maluku di event yang sama tingkat nasional yang akan berlangsung di bulan September nanti.

Penjabat Walikota Bodewin Wattimena kepada wartawan usai penyerahan mahkota juara, disalah satu hotel di Kota Ambon, Rabu (26/7) merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh Kanidya Christandira Tuhumury.

“Kita bersyukur perwakilan Kota Ambon bisa menjadi yang terbaik di ajang pemilihan Putri Pariwisata Maluku 2023,” kata walikota.

Baca Juga: Tak Kantongi Amdal, PT OGI Ngebor Panas Bumi di Buru

Dikatakan, upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata di Ambon ini sejalan dengan kemampuan generasi muda sebagai pemenang putri pariwisata.

Dengan prestasi yang diraih Christandira diharapkan dapat berkolaborasi untuk bisa mempromosikan pariwisata Kota Ambon dan Maluku secara keseluruhan pada level nasional.

Walikota mengaku, sebagai juara tingkat provinsi, masih ada event lanjutan tingkat nasional. Untuk itu ia meminta agar Christandira mempersiapkan diri, harus terus dibina, di asah dan dibimbing agar lebih baik lagi.

“Dari sisi attitude, intelegensia sudah sangat baik, kemampuan bahasa Inggrisnya juga baik, seluruh aspek dinilai. Kalau didukung Juri yang profesional, maka saya optimis dia (Christandira) bisa berbicara di level nasional,” ujarnya.

Diakui memang, kalau bicara pariwisata itu diintegrasikan dengan sektor lain, seperti green investment, itu juga jadi fokus di Pemkot Ambon kedepan.

Pengembangkan pariwisata juga harus dilakukan dengan tidak merusak lingkungan dan terus memanfaatkan potensi alam yang tersedia.

“Ini menjadi kolaborasi konsep pariwisata di Kota Ambon yang sudah dilakukan dengan budaya dan musik. Itu yang kita kembangkan saat ini,” tandasnya. (S-25)