AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Elviana Pattiasina mendesak Walikota Ambon Bodewin Wattimena, untuk melakukan operasi pasar menjelang Idhul Fitri 1444 Hijriyah.

Pasalnya, kondisi pasar menjelang Idul Fitri mulai nampak adanya kenaikan harga barang, khususnya bahan pokok akibat dari meningkatnya daya beli masyarakat yang tinggi, sehingga harus ada kebijakan dari pemerintah kota.

“Kalau memantau harga pasar terutama terkait harga kebutuhan masyarakat, memang ada kenaikan harga semisal beras belum lagi kebutuhan lainnya. Ini harus cepat diantisipasi oleh pemkot dengan melakukan operasi pasar secara rutin,” ungkap Pattiasina kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (13/4)

Operasi pasar kata Pattiasina, merupakan upaya yang dapat ditempuh oleh Pemkot Ambon guna menstabilkan harga barang baik itu di pasar modern maupun tradisional di Kota Ambon.

Pemerintah Kota melalui Disperindag harus turun secara intens ke setiap pasar yang ada, sekaligus mengecek stok kebutuhan masyarakat, sebab ditakutkan ketika permintaan barang meningkat justru terjadi kelangkaan terutama kebutuhan pokok masyarakat .

Baca Juga: Ini 8 Sasaran Target Pembangunan Pemkot di 2024

“Kalau memang pemkot melakukan operasi pasar jangan hanya sekali, tapi harus rutin dilakukan terutama juga terhadap distributor agar tetap menjaga kestabilan harga ditingkat pengecer sesuai dengan harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan Bulog,” ucap Pattiasina.

Pattiasina berharap, pemkot lebih responsif dengan kondisi pasar, termasuk melakukan sidak ke distributor, sehingga masyarakat terutama umat Muslim yang akan merayakan Idul Fitri dapat tenang dengan adanya kebutuhan pokok yang memadai.

Politisi Demokrat ini pun memberikan peringatan kepada Walikota Ambon untuk bertindak tegas jika ditemukan pedang nakal yang sengaja melakukan spekulasi harga, bahkan penimbunan bahan pokok yang menyebabkan kelangkaan.(S-20)