AMBON, Siwalimanews – Puluhan tenaga medis yang tergabung dalam Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Maluku, melakukan sosialisasi tiga isu strategis yaitu, bahaya stunting, kebersihan gigi dan mulut serta pencegahan penyebaran Covid-19.

Aksi ini lakukan secara serempak di seluruh Maluku, dengan menempatkan ibu hamil beserta keluarganya sebagai sasaran. Materi-materi yang diberikan dalam edukasi antara lain, pengetahuan mengenai bahaya sunting, Covid-19 dan cara-cara merawat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

“Jadi kegiatan ini melibatkan 50 orang terapis gigi dan mulut yang tersebar di seluruh kabupatan dan kota se-Maluku, baik dengan membawa tiga isu strategis dalam aksinya,” jelas Ketua DPD Maluku PTGMI Andi Arifin dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Minggu (5/4).

Dikatakan, para terapis yang dilibatkan dalam kegiatan ini baik sebagai ASN, tenaga kontrak, honorer dan sukarela di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah, TNI-Polri maupun swasta.

“Aksi ini kita dilakukan dari pukul 08.00 sampai dengan malam hari pukul 21.00 pada Sabtu (4/4) dan serempak itu  di seluruh rumah sasaran pada 11 kabupaten di Maluku.

Baca Juga: Turun dari Dorolonda, Lima Orang Dikarantina

Dikatakan, proses edukasi yang dilakukan juga sekaligus penempelan poster, cara menyikat gigi yang baik dan benar didalam kamar mandi, tempat biasanya kegitan menyikat gigi.

”Kenapa perlu kita lakukan kegiatan ini, agar keluarga yang dikunjungi dapat langsung mengaplikasikan tata cara menyikat gigi yang baik dan benar,” tegasnya.

Dengan metode dengan cara door to door ini, diharapkan masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengerti tentang mencegah virus corona dan stunting

Disamping itu, katanya, social and physical distancing adalah, salah satu cara yang paling efektif dalam upaya bersama memutus mata rantai penularan infeksi Covid-19 yang lagi mewabah saat ini. “Pelaksanaan aksi edukasi ini, kita mendapat respon positif dari masyarakat,” katanya.

Masyarakat menurutnya, mendapatkan banyak pengetahuan yang dirasa sangat berguna bagi kehidupan mereka, terutama dalam menghadapi wabah corona saat ini dan mereka bisa menjaga kebersihan mulut secara  mandiri.

“Aksi kemanusian kita gelar secara serentak, dalam rangka memperingati ulang tahun ke II Asosiasi Kesehatan Gigi dan Mulut Internasional, dengan mengangkat tema “ Meningkatkan Komunitas Kami Kesehatan Mulut Secara Global,” tandasnya. (S-39)