AMBON, Siwalimanews – Guna mencari bibit-bibit atlet terbaik serta meningkatkan prestasi taekwondo di Maluku, maka Moylan Keliombar yang merupkan mantan atlet nasional menggelar open turnaman Taekwondo Ganaz Cup I tahun 2023 yang dipusatkan di GOR Hotumesse Unpatti, Poko, 28 September hingga 1 Oktober.

Kepada wartawan disela-sela penutupan kejuaraan itu, Moylen mengaku, event yang digelarnya ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit Taekwondo yang lebih baik lagi, sebab untuk saat ini cabor Taekwondo Maluku di era Pra PON dan PON di kancah nasional hanya mengrimkan 1 atlet.

“Untuk itu saya berpikir bagaimana cara untuk meningkatkan taekwondo dari tingkat dojang hingga tingkat daerah.Untuk itu kegiatan ini dalam benak saya harus digelar dalam tiga bulan sekali, sehingga saya butuh support dari para pelatih dan pengurus provinsi maupun kota bahkan dojang,” ucap Moy

Kenapa demikian, kata Moy, dukungan untuk memajukan cabor Taekwondo di Maluku, karena disamping para atletnya masih dikatakan balum dapat berbicara banyak ditingkat nasional dikarenakan belum ada prestasi sama sekali sejak empat tahun lalu, para pelatihnya pun tak ada sama sekali miliki kepelatihan tingkat nasional.

Di Maluku sendiri saat ini baru miliki 1 wasit nasional sejak 8 tahun lalu hingga sekarang, untuk itu dirinya berpikir dengan menggelar event-event seperti ini agar ada atlet-atlet muda yang mau terjun keduania perwasitan, sebab aturan sekarang yang ingin ikut PON batasan umurnya 27 tahun, sehingga para atlet yang sudah diatas 27 tahun ketika mereka ingin pensiun sebagai atlet dapat menjadi pelatih ataupun wasit yang miliki sertifikt nasional.

Baca Juga: Pemkot akan Kaji Soal Penetapan Raja Naku

“inilah salah satu cara untuk meningkatkan cabor Taekwondoa di Maluku dan mudah-mudahan di PON kedepan cabor Taekwondo sudah bisa berbicara banyak seperti kita zaman dulu yang mengirim 18 atlet ke PON,” jelasnya.

Untuk masalah support anggaran dari pemda maupun lainnya, menurut Moy, sejak dirinya masih sebagai  atlet sampai sekrang ini untuk soal anggaran di Maluku sangat susah.

“Kita mau minta dana kesana kemari tetap tidak ada titik temunya, makanya kenapa saya buat event ini tanpa dana dari manapun, saya juga tak pakai sponsor darimana pun, sebab saya sudah tahu kita mintapun tak ada hasilnya, makanya dengan kegiatan ini dan dengan tekad dan hobi dalam diri ini yang hanya untuk Taekwondo, apapun saya akan tempuh bagaimana pun caranya yang penting Taekwondo maju.

Wanita yang pernah duduk di bangku SMA Rangunan Jakarta (sekolah khusus olahraga-red) berharap,  kedepan ada atlet-atlet Maluku dapat berbicara di tingkat nasional, serta meraih prestasi di ajang Pra PON hingga PON bahkan di tingkat nasional

“Saya erharap kedepan ada Moylen-Moylen lain ada yang naik podium di pra Pon maupun PON, bahkan tingkat nasional seperti Magdelana Moy kelimbar zaman dulu yang selalu mengharumkan nama Maluku dan Indonesia,” harap panyandang Dan dua Kwikwon ini.

Sementara itu, tokoh Taekwondo Maluku Albert Fananlampir saay menutup kejuaraan itu, mengatakan, cabor Taekwondo di Maluku sudah berusia lebih dari 50 tahun, dengan umur olahraga seperti itu, maka Taekwondo bukan kaleng-kaleng lagi, tetapi harusnya sudah luar biasa.

“Untuk event-event seperti ini harus di tingkatkan , jadi kalau hari ini baru ibu Moylen yang menggagas event seperti ini, mudah-mudahan ada lagi event seperti ini,” harapnya.

Menurutnya, atlet Taekwondo harus harus banyak mengikuti turnamen seperti ini, agar perstasinya dapat terus dikembangkan, bahkan kalau tidak salah ada juga atlet-atlet dari Maluku yang sudah mengikut kejuaraan di luar daerah, untuk itu, prestasi-prestasi seperti ini patut dipertahankan.

“Saya pesan kepada adik-adik terutama yang ada hari ini harus selalu giat berlatih agar dapat meraih impian kalian,” pinta Fenanlampir.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan menambahkan, event Ganaz Cup I tahun 2023 ini diikuti oleh 161 Peserta Dari 11 Dojang di Maluku.

“Ada 161 peserta yang ikut kejuaraan ini termasuk atlet Pulau Buru (Dojang Bupolo dan Marsegu) serta dari Kbaupaten Maluku Tengah ( Dojang Eriwakang Rindam Suli dan Dojang Vini Vidi Vici Tiouw Saparua),” urainya.

Untuk diketahui, dalam kejuaraan terbuka Ganaz Cup I tahun 2023 ini, keluar sebagai atlet putra terbaik di raih oleh Aryanto atlet asal Dojang Bupolo Buru, atlet putri terbaik diraih oleh Dila Letlora atlet asal Dojang Ganas, sementara pelatih terbaik jatuh pada Sabeum Wiwin dari Dojang Eriwakang Rindam Suli, Tim Terbaik diraih oleh Dojang Bupolo, Tim Favorit di raih oleh Dojang Vini Vidi Vici Tiouw, Dojang dengan Yel-Yel terbaik di raih oleh Dojang Bahtera dan Wasit terbaik diraih oleh Sabeum G Sinai. (S-06)