Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST, memimpin upacara peringatan hari pahlawan 10 November yang dipusatkan di lapangan upacara Kantor Bupati, Rabu (10/11).

Upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dengan jumlah peserta upacara yang terbatas itu bupati mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini, kata bupati yang membacakan sambutan Sosial Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya agustinus kilikily, Ketua DPRD MBD, Kapolres MBD, Dandim 1511 Pulau Moa, Kajari MBD, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD dan Pejabat Struktural  Lingkup Pemda Kab. MBD serta peserta upacara.

Orang nomor satu di bumi Kal­-wedo itu mengatakan hari pahla­-wan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

Baca Juga: Pasar Yotowawa Ditargetkan Beroperasi 2022

“Sebagaimana tema hari pah­lawan tahun 2021 yaitu “Pahla­wanku Inspirasiku”, bahwa apa yang telah dilakukan para pahla­wan kiranya dapat menginspirasi dan memo­tivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” pesannya.

Dirinya yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam sema­ngat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling meng­hargai dan menghormati satu sama lain,” ingatnya.

Pada kesempatan ini dirinya juga mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia,” ucapnya. (S-39)