DOBO, Siwalimanews – Bupati Aru Johan Gonga meresmikan Kampung Bahari Nusantara dan Rumah Pintar Bahari di Dusun Blakang Wamar, Sesa Durjela, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Rabu (8/9)

Diresmikannya kampung bahari di Kabupaten Aru yang merupakan program staf umum potensi maritim yang dicanangkan Kasal Laksamana Yudo Margono, maka saat ini TNI AL telah memiliki 1.757 desa binaan di seluruh pelosok nusantara.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, Kampung Bahari Nusantara ini memiliki lima klaster, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata dan pertahanan, sebagai bentuk komitmen peran TNI AL di daerah untuk membantu pemda dalam mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19 serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme.

“Tidak kalah pentingnya pencanangan ini didalamnya ada program rumah pintar bahari yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan minat belajar anak usia sekolah di Dusun Blakang Wamar, apa lagi saat ini kegiatan belajar mengajar di sekolah formil terbatas karena pandemi Covid-19,” ucap Bupati.

Menurutnya, mengenalkan pengetahuan kebaharian kepada masyarakat Aru sangatlah penting, kerena wilayah Kabupaten Aru merupakan daerah dengan luas kurang lebih 55.270.22 km dengan luas lautan adalah 48.843.45 atau 88.37 persen wilayah laut.

Baca Juga: Naikan Tarif Angkot, Sentra Ekonomi Harus Dilonggarkan

Kondisi tersebut menjadikan dusun ini sebagai desa binaan Lanal Aru agar keberlangsungan program Kampung Bahari Nusantara serta program kegiatan rumah pintar bahari dapat tercapai.

“Dengan adanya kampung dan rumah pintar bahari ini, agar terwujudnya sinergitas antara pemda dengan TNI AL atau instansi terkait dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Aru,” ujarnya.

Kegiatan Kampung Bahari Nusantara ini kata Bupati, tidak dapat dilaksanakan secara mandiri oleh TNI AL, namun diperlukan sinergitas dengan instansi pemda maupun instansi lainnya, guna mencapai hasil yang optmal.

“Karena itu butuh gandeng tangan dan dukungan moril dari semua pihak untuk tujuan yang lebih besar,” ucap Bupati.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian buku berjudul Kembalikan Kejayaan Negeri Bahari secara simbolis oleh Bupati kepada Danlanal Aru. (S-25)