AMBON, Siwalimanews – Proyek pembangunan sarana dan prasarana air bersih di Pulau Haruku, khsusnya pada Negeri Pelauw dan Kailolo kini hampir rampung.

Kepastian rampungnya pengerjaan proyek yang bersumber dari pinjaman dana PT Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp 12,4 miliar ini disampaikan Sekretaris Camat Pulau Haruku Ali Latuconsina kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (8/9).

Dijelaskan, pekerjaan proyek air bersih di Kecamatan Pulau Haruku khususnya Negeri Kailolo dan Pelauw kini telah masuk tahap akhir pekerjaan.

Saat ini pekerjan sarana dan prasarana air bersih telah masuk pada tahapan pemasangan panel surya dan pemasangan jaringan distribusi air bersih  yang sementara dilakukan dan hampir selesai.

Walaupun demikian, ia tidak dapat memastikan kapan pengerjaan proyek ini tuntas dikerjakan, namun jika dilihat dari prospek pekerjaan di lapangan, diperkirakan akan rampung pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Oktober, Komisi II Target Perda RUED Ditetapkan

“Secara teknis tidak bisa dipastikan tapi diperkirakan bulan depan rampung,” jelasnya.

Terkait dengan polemik yang pernah terjadi, Latuconsina menegaskan hal itu terjadi akibat dari tidak adanya  informasi yang detail dari pelaksanaan pekerjaan dan dari pihak PUPR Maluku, sehingga menimbulkan kecurigaan dan ketakutan dari masyarakat akan terjadinya proyek gagal. (S-50)