MASOHI, Siwalimanews – Dalam rangka pengembangan kawasan pariwisata Banda menjadi proyek nasional, maka Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua meminta pemerintah pusat membangun bandara baru di pulau tersebut.

Permintaan Tuasikal itu disampaikan langsung dalam rapat koordinasi pengembangan kawasan pariwisata nasional bersama Pemprov Maluku serta Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI,  melalui video conference (VC) di ruang rapat utama Kantor Bupati Malteng, Selasa (14/7).

Kepada wartawan usai video conference bupati menjelaskan, Pemkab Malteng mendukung penuh upaya Pemprov Maluku yang mengusulkan Banda dikembangkan menjadi kawasan pengembangan pariwisata nasional.

Oleh sebab itu, pemkab mengusulkan agar dibangun bandara internasional baru di wilayah tersebut.

“Saat ini Banda memang miliki bandara, namun hanya dapat melayani pesawat kecil jenis foker. Padahal kawasan pariwisata Banda saat ini sudah mendunia dan kunjungan wisatawan manca negara terus meningkat setiap tahunnya. Hanya saja para wisatawan ini mengeluhkan moda transportasi yang kurang memadai salah satunya transportasi udara,” ujar bupati.

Baca Juga: RS Al-Fatah & Sumber Hidup Disterilkan

Olehnya itu kata bupati, salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam rangka pengembangan kawasan pariwisata Banda adalah dengan membangun bandara baru yang lebih memadai dan bisa disinggahi pesawat jenis boeing.

Pasalnya, kawasan pariwisata Banda sangat layak untuk dikembangkan menjadi salah satu pusat pariwisata andalan Indonesia selain Bali.

“Saya kira destinasi wisata Banda tidak kalah dengan Bali. Di Banda kita bisa temukan destinasi wisata sejarah dengan daya tarik wisata alam dan wisata bawah laut yang menjanjikan. Kalau kemudian dikembangkan, maka otomatis Banda akan maju dengan jumlah kunjungan wisatawan yang bisa sama bahkan mungkin lebih dari Bali,” ucap bupati.

Menurutnya, jika Banda dikembangkan, maka berbagai faktor pertumbuhan ekonomi serta peluang terbukanya investasi akan semakin besar.

“Bagi kami Banda miliki potensi industri pariwisata yang sangat menjanjikan. Jika dikembangkan secara baik, otomatis Maluku akan maju, masyarakatnya pun akan sejahtera,” cetusnya.

Pemkab Malteng tambah bupati, medukung penuh usaha ini dan akan siap memberikan dukungan dalam bentuk apapun demi pengembangan kawasan Banda menjadi proyek nasional berbasis sektor pariwisata dapat terwujud.

“Kita dukung. Apapun yang kemudian jadi kewajiban pemkab. Saya pastikan akan kita siapkan. Kami berharap upaya ini berjalan lancar dan berhasil demi pengembangan kawasan pariwisata Banda yang akhirnya akan  berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum,” tutupnya. (S-36)