NAMLEA, Siwalimanews – Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi minta warganya tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan serta terus berdoa agar Negeri Bupolo dijauhkan dari wabah Covid-19.

“Saya harapkan kita tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan, serta terus berdo’a agar negeri kita dijauhkan dari penyakit yang mematikan ini,” pinta bupati saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2021, melalui video conference, Sabtu (11/4).

Menurutnya, pelaksanaan musrenbang ini tidak seperti tahun-tahun kemarin. Hal ini disebabkan karena kondisi Indonesia dilanda pandemic Covid-19, sehingga pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan video conference.

Walau hanya lewat video conference, hal ini juga tidak mengurangi tujuan musrenbang itu sendiri, karena seluruh tahapan dan proses perencanaan sudah dilaksanakan dan sudah dibahas bersama dengan pemangku kepentingan di daerah ini, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan.

Perlu disadari, bahwa isu dan permasalahan pembangunan di daerah ini belum semuanya ditangani secara tuntas, karena disadari bersama bahwa pembiayaan pembangunan di Kabupaten Buru melalui APBD masih sangat minim, sehingga diperlukan koordinasi dari semua OPD kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan alokasi anggaran agar dapat menjawab permasalahan pembangunan di daerah ini.

Baca Juga: Rumah Milik Pegawai DPRD Kota Terbakar

“Musrenbang dilakukan guna melakukan sinkronisasi antara berbagai program dan kegiatan yang tertuang di dalam dokumen kesepakatan musrenbang kecamatan, Renja Perangkat Daerah serta dokumen pokok pikiran DPRD, agar menjawab isu strategis dan prioritas oembangunan daerah tahun 2021,” tuturnya.

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada peserta yang telah mengikuti dan menyimak pembukaan dan nantinya dilanjutkan dengan paparan melalui video conference bagi OPD.

“Untuk itu Saya berharap agar saudara-saudari sekalian tetap fokus serta bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses musrenbang ini, sehingga dapat menghasilkan kesepakatan program prioritas dan kegiatan prioritas pembangunan yang benar-benar menjawab kebutuhan seluruh masyarakat,” pesan bupati.

Terkait dengan kondisi pandemic Covid19, tambah bupati, pemerintah daerah telah melalukan refocusing dan realokasi anggaran dari semua OPD dalam rangka untuk mencegah menyebarnya virus tersebut melalui program penanganan kesehatan, penguatan ekonomi masyarakat serta jaringan pengaman sosial.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, dengan harapan upaya yang sedang dan akan kita kerjakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buru akan selalu diridhai oleh Allah SWT,” tutup bupati. (S-31)