BUPATI Seram Bagian Timur , Abdul Mukti Keliobas meminta agar kepala-kepala desa di daerah yang dipimpinnya itu memiliki strategi dan inovasi dalam mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD).

Menurutnya, dengan upaya-upaya ini, desa di kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ itu tidak bergantung pada DD yang disiapkan Pemerintah Pusat.

“Desa saat ini harus memiliki strategi dan inovasi  untuk mendorong Pendapatan Asli Desa, sehingga kita tidak tergantung pada Dana Desa yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat,” ungkap Abdul Mukti Keliobas, saat melantik enam penjabat negeri dan negeri administratif di Aula Pandopo Bupati SBT, Sabtu (19/8).

Ia menandaskan, belum diketahui pasti kedepannya program DD ini masih tetap dipertahankan. Dia mengkhawatirkan setelah terjadi pergantian Presiden dan Wakil Presiden, program ini bisa saja dipertahankan atau kembali ke program subsidi.

“Kita tidak tahu bahwa kedepan ini Dana Desa ini tetap dipertahankan atau setelah terjadi pergantian kepemimpinan Presiden lalu terjadi perubahan terhadap Dana Desa. Tidak ada lagi dana desa kembali ke subsidi lagi,” tandasnya.

Baca Juga: Dindik MBD Terapkan Pembelajaran Berbasis Digital

Bupati SBT dua periode itu menginginkan agar 198 desa di kabupaten penghasil minyak bumi itu harus betul-betul mandiri dari aspek keuangan.

“Desa harus betul-betul mandiri dari aspek keuangan. Jangan sampai kemudian Dana Desa sudah tidak ada lalu masing-masing datang mengundurkan diri,” katanya. (S-27)