Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach menghadiri rapat koordinasi bersama kepala daerah se-Maluku.

Rakot ini dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang berlangsung di Lantai 7 Aula Kantor Gubernur, Kamis (11/1).

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sejumlah hal yang dibahas dalam rapat tersebut.

Di antara terkait dengan penye­rapan APBD, evaluasi pelaksana kebijakan pengendalian inflasi daerah, pertumbuhan ekonomi, pelaksanaan naskah perjanjian hibah daerah hingga netralitas ASN pejabat negara dalam Pemilu.

Tito Karnavian mengatakan bahwa Maluku menjadi provinsi terbaik se-Indonesia Timur dalam hal hibah pelaksanaan Pilkada dengan KPU dan Bawaslu.

Baca Juga: Gandeng UGM, Pemkab MBD Selesaikan RPJPD

Mendagri berterima kasih kepada gubernur dan bupati, walikota se-Maluku yang telah menyelesaikan naskah perjanjian dana hibah.

“Bahkan sebagian telah menye­rahkan anggarannya kepada KPU dan Bawaslu. Sehingga saya opti­mis Pilkada di Maluku dapat terlaksana dengan tertib karena siap dari segi anggaran,” kata Mendagri.

Sementara itu, Mendagri juga mengatakan, pertumbuhan ekonomi Maluku triwulan III 2023 menduduki peringkat lima skala nasional.

“Ekonomi Maluku tumbuh hingga 5,69 persen, ini menempatkan Provinsi Maluku menduduki peringkat kelima,” ujarnya.

Menurutnya, angka 5,69 persen itu menunjukkan adanya kinerja yang baik dari pemerintah provinsi berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Selain itu masalah inflasi menjadi prioritas, karena merupakan bagian krusial dari sistem global yang banyak mengalami gangguan pasca pandemi Covid-19.

“Kita tahu saat pandemi Covid-19 terjadi perubahan pola demand yang menurun, sehingga berpenga­ruh pada supply dunia,” katanya.

Terlepas dari itu, Mendagri mengatakan bahwa pasca pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi Indonesia dikategorikan cukup baik menempati peringkat 49 dari 185 negara dengan persentase 4,94 persen.

Untuk diketahui selain Bupati MBD, rakor tersebut juga dihadiri Ketua KPU MBD, Kristiaan L. Talupoor, dan Ketua Bawaslu MBD, Marthinus Kerlely. (S-09)