MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua  bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, melakukan pembagian masker secara cuma-cuma dan mengukur suhu tubuh masyarakat, Kamis (26/3).

Pembagian masker oleh Bupati Tuasikal bersama Forkopimda dan juga instansi vertikal maupun pimpinan OPD dan pengecekan suhu tubuh kepada masyarakat dilakukan di Pelabuhan Amahai, pedagang di Pasar Amahai, masyarakat Masohi Plaza serta Pasar Binaya maupun Terminal Masohi.

Tuasikal dalam arahannya saat pem­bagian masker kepada masya­rakat mengharapkan, agar masyara­kat harus selalu menjaga kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan maupun kebersihan dalam keluarga.

Selain itu juga Bupati juga meminta agar masyarakat dalam beraktifitas setiap hari baik di pelabuhan maupun di pasar dan terminal harus menjauhkan diri dan menjaga jarak antara satu dengan yang lain serta menghindari kerumunan atau tidak boleh berkelompok-kelompok.

“Lebih baik kita mencegah penyebaran virus corona ini sejak dini daripada mengobati,” tandas Tuasikal.

Baca Juga: Awasi Pintu Masuk, Pemda Bursel Bentuk 10 Pos

Ia menambahkan, jika masyarakat terus mengikuti anjuran pemerintah, dipastikan virus yang sedang mengancam dunia ini akan mampu diatasi karena masalah ini sudah menjadi perhatian bersama.

“Kalau bapak dan ibu selalu ikut dan taat pada anjuran dan himbauan dari pemerintah maupun tokoh agama, maka saya yakin kalau masyarakat dan juga daerah kita ini tidak mudah terjangkit virus yang sangat mematikan ini,” ujarnya.

Dikatakan Covid-19, saat ini memang menakutkan serta menjadi perhatian dunia. Namun demikian kekhawatiran warga diharapkan harus tetap terkontrol dan tidak menimbulkan kepanikan masal. Sebab perang terhadap Covid -19 adalah perang semua pihak, masyarakat dan pemerintah.

“Ini masalah kita semua. Kita harus melakukan perang terhadap Corona. Jaga kebersihan, jaga jarak aman, jangan terlalu sering keluar rumah, jangan ikut dalam keramaian apapun. Mari bersama Insya Allah, kita akan mampu keluar dari masalah ini. Ayo bersama kita tangkal dan putuskan mata rantai Corona di wilayah kita. Saya yakin dengan kesadaran  serta kepedulian bersama  serta dengan terus berdoa, tawakal kepada Allah SWT, kita semua akan mampu melewati cobaan ini,” katanya.

Kata dia, pemerintah Kabupaten Maluku Tengah akan terus berada dengan masyarakat, berupaya melakukan yang terbaik mulai dari upaya pencegahan hingga penanganan. Namun diharapkan seluruh warga Malteng taat dan mau mengikuti anjuran pemerintah.

“Kita pastikan siap dan akan terus mengupayakan pencegahan peredaran Covid -19 di Malteng. Saya yakin Tuhan mendengar doa kita, serta melihat kesungguhan kita dalam berupaya mencegah masuknya Covid-19 di wilayah kita,” harapnya.

Selain pemberian masker dan pengecekan suhu tubuh  masyarakat   bupati juga melakukan penyerahan alat pelindung diri (APD) kepada Direktur RSUD Masohi, sekaligus meninjau fasilitas kesehatan pada RSUD Masohi sebagai lokasi untuk perawatan pasien yang terinfeksi covid-19 di Malteng.

Turut hadir Kapolres Malteng AKBP Hendrik Purwono, Dandim 1502 Masohi, Kajari Malteng, Sekda serta sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Malteng. (S-36)