MALRA, Siwalimanews – RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara dihan­tam si jago merah.

Kobaran api membakar ruangan far­masi dan ruangan radiologi seki­tar pukul 15.20 WIT.

Seluruh pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut ber­hamburan keluar selamatkan diri oleh keluarga.

Sejumlah pasien bahkan dieva­kuasi ke Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malra.

Tampak sejumlah perawat menge­vakuasi pasien yang tergeletak tak berdaya di atas tempat tidur.

Baca Juga: PUPR Tuding Kantor Jadi Penyebab Rusaknya Jalan

Sementara warga dan masyarakat yang datang membantu menggotong beberapa tabung oksigen keluar dari lokasi RSUD.

Menurut keterangan Justin, salah satu warga yang dihubungi Siwalima melalui sambungan telepon menu­turkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.20 WIT. Belum diketahui secara jelas penyebab kebakaran.

“Api membakar salah satu gudang farmasi dan ruangan radiologi ru­mah sakit, untuk sementara puluhan pasien itu kemudian dievakuasi. Sebagian ke Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Malra. Sebagian ke Rumah Sakit Langgur,” ujarnya.

Kebakaran tersebut baru dapat dipadamkan pada pukul 16.20 WIT, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.” ungkapnya.

Respon Cepat

Sementara itu, Ipda Michael Y. Pattilemonia, PLh Kasi Humas Polres Malra yang dikonfirmasi menjelaskan, setelah mendapatkan informasi itu, pihaknya langsung respon cepat atasi kebakaran di RSUD Karel Satsuitubun.

“Menurut keterangan saksi PNS Leonard Ngamel dan Saksi Hendra Sedubun, bahwa waktu itu sementara berada di dalam ruangan bagian kepegawaian, tiba-tiba melihat ada percikan api dari ruangan Farmasi, dan melihat gumpalan asap tebal dan sudah menjadi kobaran api yang sudah menjalar ke dalam ruangan Radiologi, sehingga terjadi kebakaran,” katanya

Saat melihat kejadian itu, Leonard langsung melaporkan ke Polsek Kei Kecil dan ditindaklanjuti di TKP oleh personel Polres Maluku Tenggara, Polsek Kei Kecil di bantu warga setempat serta PNS melakukan pemadaman api di dalam ruangan agar tidak menyebar ke ruangan lainnya.

Dia menambahkan, untuk se­-mentara pemicu terjadinya keba­-karan belum diketahui, diper­ki­-rakan arus pendek listrik, sampai saat ini situasi di TKP terpantau aman terkendali, api sudah berhasil di padamkan. (S-26)