AMBON, Siwalimanews – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon didampingi pimpi­nan SKPD melakukan launching penyaluran bantuan sosial beras (BSB) bagi keluarga penerima man­faat program keluarga harapan, Rabu (14/10).

Acara berlangsung di halaman kantor Kecamatan Tanimbar Selatan ini dihadiri oleh pimpinan SKPD ter­kait, Kepala Bulog Saumlaki, Pimpi­nan BUMD PT. Logistik Bhandar Gara Reksa, koordinator dan para pen­damping PKH di Kabupaten Ke­pulauan Tanimbar serta perwaki­lan penerima dari desa-desa terdekat.

Pada kesempatan itu Fatlolon me­ngatakan, penyaluran bantuan so­sial beras merupakan perluasan kebi­jakan dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19 melalui pelaksanaan jaring pengamanan sosial. Kementerian Sosial be­rupa bantuan sosial beras bagi KPM PKH di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Bantuan sosial beras bertujuan untuk mengurangi beban penge­lua­ran KPM PKH melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras se­lama pandemic Covid-19,” ujar­nya.

Fatlolon menjelaskan salah satu yang menjadi pertimbangan sehing­ga perluasan kebijakan tersebut ialah pertimbangan dalam keluarga PKH terdapat anak, lanjut usia dan penyandang disabilitas yang perlu perlindu­ngan dan pemenuhan nutrisi.

Baca Juga: Lantik Pengurus BUMD di KKT

Untuk Kabupaten Kepulauan Ta­nimbar sendiri bantuan diberikan kepada 7.690 KPM PKH yang ter­sebar di desa/kelurahan dengan stok beras yang disediakan oleh Pe­rum Bulog Saumlaki sebanyak 346 ton dengan masing-masing KPM PKH mendapatkan 1 karung beras dengan berat 15 kg.

Penyaluran bantuan tersebut juga merupakan hasil kerja sama Ke­menterian Sosial RI dengan Perum Bulog Saumlaki, sebagai penyedia beras dan PT. Logistik Bhandar Gara Reksa sebagai selaku pihak ketiga penyaluran bantuan sosial yang ditetapkan Kementerian Sosial RI kepada KPM PKH yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam kesempatan itu, Bupati menghimbau agar masyarakat turut berpartisipasi dan mengawal pe­nya­luran bantuan sosial beras (BSB) ini agar tepat sasaran dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ditengah pandemi Covid-19 tam­bahnya, pemerintah tetap memberi­kan perhatian kepada masyarakat melalui penyaluran bantuan-ban­tuan salah satunya BSB ini.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan pola hidup bersih dan sehat, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Bupati juga menyampaikan uca­pan terima kasih atas kerjasama yang baik PT. Perum Bulog Saumlaki sebagai penyedia dan BUMD Logsistik Bhandar Gara Reksa sebagai transpoter yang akan me­nyalurkan bantuan hingga ke desa-desa. (Cr-2)