BUPATI Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon meresmikan gedung puskesmas Tutukembong, Kecamatan Nirunmas, Rabu (20/4).

Dalam sambutannya, bupati mengatakan Pemerintah Daerah terus berusaha menyiapkan sarana dan prasarana, terutama di bidang pelayanan dasar, yaitu di bidang kesehatan dan pendidikan, sejalan dengan visi Bupati dan Wakil Bupati, yaitu menuju Tanimbar yang cerdas, sehat, berwibawa dan mandiri.

Dikatakan, Puskesmas ini tentu sebagai aset sehingga harus dirawat dan dijaga, sarana dan prasarana yang ada, karena kedepan agak sulit untuk membangun puskesmas yang megah karena sangat dipengaruhi situasi ekonomi, keuangan, dengan adanya wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Dinas Kesehatan, beserta seluruh jajaran, para kepala puskesmas dan tenaga kesehatan, yang mengabdi di Kecamatan Nirunmas, yang mana secara terus menerus, tanpa pamrih memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada Masyarakat, dari Desa ke Desa, dan dari kecamatan ke kecamatan,”  ujarnya.

Kata bupati, pelaksanaan vaksinasi sebagaimana sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah berhasil dilakukan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, ini semua karena dukungan dari tenaga kesehatan, sehingga pelaksanaan vaksinasi secara masal dan gratis di seantero Kepulauan Tanimbar, lebih khusus di Kecamatan Nirunmas, telah berjalan dengan baik.

Baca Juga: Bupati Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

“Sarana dan prasarana yang kita bangun saat ini, menelan biaya yang cukup besar. Puskes­mas Tutukembong merupakan salah satu puskesmas yang cukup megah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk ukuran kecamatan, dan rata-rata puskesmas di kecamatan Nirunmas punya rawat inap sendiri,” katanya.

Bupati mengaku, janji dirinya untuk membangun puskesmas, sudah ditepati, jelas tidak ada utang bagi Desa Tutukembong.

“Saya berharap agar pembangunan rumah sakit rawat inap Puskesmas Tutukembong, dimana menelan biaya yang cukup besar kurang lebih sembilan milyar, kiranya dapat digunakan dengan baik, jaga, rawat, pelihara, sama seperti kita menjaga, merawat, diri kita sendiri,” pintahnya.

Selanjutnya bupati juga meminta kepada rekan-rekan tenaga kesehatan yang dipercayakan, untuk mengabdi, agar seluruh fasilitas yang ada, saya berpesan, aset ini bisa bertahan lama, bisa digunakan nanti untuk anak, cucu kita, apabila rekan-rekan kesehatan bisa menjadikan aset besar ini, sebagai milik rekan-rekan sendiri, begitu pesannya, ini harapan Pemerintah Daerah, juga harapan masyarakat.

Turut hadir dalam pelaksanaan peresmian gedung pembangu­nan puskesmas tersebut antara lain Bupati Kepulauan Tanimbar, Kapolres Kepulauan Tanimbar, Dandim 1507/Saumlaki, Pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ketua TP-PKK, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, para Staf Ahli dan Asisten, para pimpinan SKPD dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan forum pimpinan wilayah Kecamatan Nirunmas, Camat bersama Ibu, Kapolsek dan Jajarannya, Danramil, dan jajaran di Kecamatan Nirunmas, dan yang dibanggakan para Kepala Desa se-Kecamatan Nirunmas. (S-08)