DOBO, Siwalimanews – Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga me­launc­hing aplikasi Dad’s Hand atau Data Aru Dalam Satu Tangan. Launching apli­kasi ini dalam rangka pe­ringatan Hari Statistik Nasional (BPS) tahun 2021.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan, me­lalui penguatan tata ke­lola data ini, pemerintah dapat meningkatkan ke­terpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pem­ba­ngunan. Selain itu, da­pat mendorong keterbu­kaan dan transparansi data untuk dan mendu­kung sistem statistik nasional.

“Pemanfaatan data pe­merintah tidak hanya terbatas pada penggu­naan secara internal antar instansi, tetapi juga se­bagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat,” katanya.

Untuk mendukung per­cepatan penyelenggaraan Satu Data Indonesia, perlu membangun suatu pon­dasi penyelenggaraan sa­tu data pada tingkat dae­rah atau satu data Ke­pulauan Aru.

“Satu Data Kepulauan Aru nantinya juga akan berperan Strategis dalam mendukung upaya peme­rintah pusat terhadap pe­ng­embangan sektor digital serta meng­optimalkan usaha-usaha produktif bagi kemajuan Indonesia,” ungkapnya. (S-25)

Baca Juga: Ambon Optimis Keluar dari Zona Kuning