BULA, Siwalimanews – Setelah mendapatkan bantuan peralatan pertanian dari Kementerian Pertanian, pemerintah kabupaten seram bagian timur segera mendistribusikannya ke petani.

Kelompok petani tanaman pangan dan perkebunan sangat membutuhkan peralatan pertanian seperti alat pasca panen, hand traktor roda dua, maupun hand traktor roda empat.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian SBT Azis Rumadaul mengaku alat pertanian yang diberikan sementara dalam perjalanan.

“Prioritas kita adalah baik kelompok tani tanaman pangan padi hortikultura dan perkebunan,” jelasnya kepada Siwalima di ruang kerjanya, Senin (21/8).

Ia mengaku salah satu tujuan pemerintah pusat memberikan peralatan ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan daerah.
Dengan peralatan ini Kita bisa menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan produksi dan produktivitas petani baik itu komoditi pangan dan maupun hortikultura,” terangnya.

Dengan adanya peralatan ini nantinya ia meminta agar kelompok yang akan menerima harus menjaga dan merawatnya.
“Saya minta ketika alat ini dibagikan tolong dijaga dan dirawat sesuai dengan standar operasional prosedur,” harapnya.

Baca Juga: Nazarudin Belum Pastikan Bayar Hak Nakes

Dampak El Nino

Ia menambahkan terkait dengan dampak dari El Nino, Pemda SBT sudah melakukan langkah antisipasi kepada para petani.
“Salah satunya langkah yang kita ambil adalah pengembangan luas lahan maupun peningkatan produksi,” ungkap Rumadaul.

Dinas juga sejak tiga Minggu lalu sudah meninjau sumur- sumur air sudah tersedia bagi kelompok petani demi mengantisipasi gagal panen.

“Sekarang ini masih tetap lebih fokus di Kecamatan Bula Barat. Karena lahan-lahan untuk lumbung padi. Dan alhamdulillah untuk saat ini sampai pada tingkat gagal pangan belum,” ujarnya. (S-27)