SESUAI Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Nomor : 07 Tahun 2021, Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas resmi dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka SBT Masa bakti 2021-2026 di Gedung Serbaguna, Selasa (14/6).

Ketua Majelis Cabang ini dilantik langsung Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi Murad bersamaan dengan dilantiknya 33 anggota lainnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Noaf Rumauw, Sekretaris Daerah Jafar Kwairumaratu, Ketua TP-PKK Yulia Misa Keliobas, Forkopimda dan Para Pimpinan OPD lainnya.

Dalam Acara ini, Wakil Bupati Kab Seram Bagian Timur juga dilantik menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka SBT oleh Bupati bersamaan dengan dilantiknya 14 Andalan Cabang Urusan.

Dalam sambutannya Ketua Kwarda mengatakan, Kwartir Cabang merupakan ujung tombak penyelenggaran pendidikan kepramukaan akan terus bersinergi dengan Kwartir Daerah yang berperan sebagai fasilitator.

Baca Juga: Bendungan Waeapo Bisa Jadi Lokasi Pariwisata

“Suksesnya pelantikan kepengurusan mencerminkan kwartir cabang semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergis dari seluruh komponen kwartir.” ucapnya.

Ia juga meminta agar setiap kwartir memperkokoh jalinan hubungan antar setiap tingkatan, dan seluruh jajaran pengurus kwartir diminta memantapkan jati diri dengan berpedoman pada nilai etika, kaidah agama serta satya dharma pramuka.

Selain itu ia mengatakan, Kwartir Daerah Maluku bermaksud akan berpartisipasi dan

menyelenggarakan sejumlah kegiatan kepramukaan pada tahun ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Persiapan Jambore Dunia Tahun 2023, Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 yang akan dilaksanakan Cibubur, Jakarta Timur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022. Selan­jutnya, Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional yang akan diadakan di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu serta kegiatan-kegiatan di tingkat Daerah Seperti Rapat Kerja Daerah, Peran Saka Tingkat Daerah di Kota Ambon serta kegiatan untuk anggota dewasa,” ujarnya

Ia juga menambahkan, mengingat pentingnya output yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan tersebut, maka saya mengharapkan dukungan penuh dan fasilitasi Majelis Pem­bimbing Cabang untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan dimaksud.

“Saya optimis bila semua pihak memilki komitmen yang kuat terhadap kesinambungan program-program penyelengaraan pendi­dikan kepramukaan, niscaya proses ini akan terus mengarah keperu­bahan yang lebih baik,” pungkas­nya.

Selain itu Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

“Pelantikan ini merupakan upaya memantapkan organisasi sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di bumi Ita Wotu Nusa.” ungkap Wakil Bupati

Ia juga menambahkan, kegiatan kepramukaan tersebut merupakan cara kita mempersiapkan generasi emas di tahun-tahun mendatang; generasi Seram Bagian Timur yang cerdas, kreatif, inovatif, dan berakhlak.

“Sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur, saya berharap perlu ada sinergitas, kolaborasi, dan kerja sama dari seluruh pengurus

Kwarcab Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur dalam semboyan local, “tabulik ita woisa tabasau tabateta”, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” katanya. (S-08)