BULA, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas mendorong seluruh warga didaerahnya untuk mengkonsumsi produk- produk lokal asal daerah tersebut, sebab sudah seharusnya warga SBT bangga dengan produk lokal daerahnya sendiri.

Hal itu disampaikan bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda SBT Muh Safri Rumain, sekaligus membuka Festival Gumumae Ekonomi Kreatif dan Pemeran UMKM di Lapangan Pancasila, Kota Bula, Minggu (13/8) malam.

Bupati mengaku, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 78, selain itu, kegiatan ini juga, sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

Pasalnya, pada tiga tahun terakhir pandemi ini sangat meluluh lantaran perekonomian, terutama UMKM, untuk itu dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi rutinitas dan semoga dapat dinikmati oleh semua masyarakat di bumi Ita Wotu Nusa ini.

“Saya sampaikan bahwa pemkab senantiasa berupaya untuk memberikan ruang- ruang publik bagi pelaku UMKM. Agar dapat terus berdaya saing dan dikenal oleh masyarakat, mudah-mudahan proguk-produk ini dapat jadi oleh-oleh khas SBT,” tandas bupati.

Baca Juga: Guru dan Mahasiswa di MBD Dilatih Susun Karya Ilmiah

Sebelumnya, Pembina Pesiar Foundation Agil Rumakat menjelaskan, sebagai pembina sekaligus penggagas acara ini, ia sangat bermimpi, mudah- mudahan acara seperti ini bukan hanya sekedar memamerkan apa yang dimiliki daerah ini, namun dapat menjadi pasar oleh pemkab.

“SBT punya kearifan dan sumber daya alam yang cukup banyak, ada dua agenda yang tadi kami sampaikan, salah satunya kami juga bermimpi mudah-mudahan acara ini tidak sampai disini saja. Tapi seluruh potensi sumber daya alam yang cukup kita miliki, sehingga kita dapat mempromosikan, baik di tingkat Provinsi Maluku maupun di tingkat nasional,” ujar Rumakat.

Rumakat mengaku, seluruh masyarakat SBT harus membudayakan potensi yang dimiliki dan harus dimanfaatkan, apalagi generasi muda yang enerjik, dan berlian, sekaligus mempunyai kemampuan intelektual.

“Kalau dapat kita kalaborasi serta budayakan, maka insa Allah mimpi untuk membentuk Kabupaten SBT dapat memajukan masyarakat di negeri ini menjadi masyarakat makmur, sejahtera, dan masyarakat yang adil insa Allah akan kita capai bersama- sama,” tandas Rumakat.(S-27)