NAMLEA, Siwalimanews – Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi melantik lima kepala desa, di aula kantor bupati, Senin (25/1).

Lima PenjabatcKades yang dilantik itu antara lain Abdul Salam Mukadar sebagai Kepala Desa Selwadu dan Farid Fanolong sebagai Kepala Desa Waemangit di Kecamatan Air Buaya, Ahmad Tasidjawa sebagai Kepala Desa Waspait di Kecamatan Fenalisela, Elvis Batuwael sebagai Kepala Desa Waepoti di Kecamatan Waplau, serta Arifin Buton sebagai Kepala Desa Sanleko di Kecamatan Namlea.

Pelantikan lima penjabat kades itu tetap menerapkan protokol kesehatan dan turut dihadiri Sekda Muhammad Ilyas Bin Hamid. Usai melantik penjabat kades, bupati didampingi sekda juga berkenaan memberikan Piagam Penghargaan dari Kantor Kementrian Desa Tertinggal kepada 14 kades yang sukses menyalurkan BLT-DD di desa mereka masing-masing.

Dalam bagian lain sambutannya, bupati memotivasi para kades yang hadir guna menyiapkan warga petani di desanya untuk ikut menanam kacang kedelai.

Bupati mengaku sudah bertemu dengan Dirjen Holtikultura dan dirinya ditantang menyiapkan lahan seluas 5000 sampai dengan 7500 hektar untuk program tanam kacang kedelai ini.

Baca Juga: Bupati Lantik Lima Penjabat Kades

“Nantinya, petani akan diberi bibit kedelai, pupuk dan juga biaya pemeliharaan. Hasil panen petani juga akan dibeli oleh pemerintah,” ujarnya.

Bupati juga mengungkapkan akan ada pembangunan 16 touwer Telkomsel di sejumlah desa di tahun 2021 ini. Ia juga menyentil rencana pemilihan kepala desa difinitif di tahun 2021 ini sebanyak 20 desa dari total 82 desa difinitif.

“Sejak tahun 2020 lalu, seluruh desa di Kabupaten Buru tidak lagi dijabat kades difinitif akibat belum terlaksana pemilihan kades, sehingga di tahun 2021 ini hanya terjadi Pilkades di 20 desa, maka sisanya direncanakan diselenggarakan di tahun berikutnya,” jelasnya.

Namun bupati telah mengisyaratkan, kemungkinan Pilkades lanjutan akan tertunda karena bertepatan dengan perlehatan Pilkada di tahun 2022 nanti.

“Pilkades berikut mungkin selesai pilkada,” kata bupati. (S-31)