Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti  Keliobas,  resmi membuka Pameran Ekonomi Kreatif. Sabtu (11/6).

Pamaren Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Barisan Agil Rumakat ( Barakat )  ini dihadiri oleh Jendran Barakat Agil Rumakat yang juga merupakan Pimpinan DPRD SBT, turut Hadir Pula Ketua II DPRD SBT SBT Achmat Voth, Sekda SBT Djafar Kwairumaratu, Anggota DPRD Fathul Kwairumaratu, Contasius Kolatfeka, Munawir Kubal, Husen Kelilauw, dan mantan Bupati SBT Abdullah Vanath dan sejumlah Camat.

Sebelum Bupati menyampai­kan sambutan pada kegiatan Ekonomi Kreatif disugukan pula Tarian Cakalele Asal Masyarakat SBT.

Bupati dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Agil Ruma­kat dengan (Barakat).

Selain itu, Ia juga berharap agar pameren ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh Barakat ini akan terus diselenggarakan di Kabupaten SBT, agar motivasi dan kreasi pemuda selalu ada.

Baca Juga: Lepas 46 CJH, Keliobas Janji Tahun Depan Tambah Kuota Haji

“Saya harap agar ekonomi kreatif setiap tahun di laksanakan agar dapat motivasi dan kreasi pemuda selalu ada,” harapnya.

Usai membuka  Pameran Ekonomi Kreatif, Bupati didampingi Agil Rumakat, Mantan Bupati SBT Abdullah Vanath, Sekda dan seluruh Anggota DPRD mengunjungi stan yang telah disediakan oleh Seluruh Camat di SBT.

Untuk di ketahui, masing-masing kecamatan menampilkan makanan ciri khas dan hasil karya dari desa binaan mereka.

Selain itu juga dari instansi terkait juga menampilkan inovasi dan kreatif mereka baik berupa ikan abon maupun beras.

Untuk jenis kreatif yang disajikan dipameran oleh kecamatan yang ada di SBT, namun untuk Kecamatan Kian Darat menampilkan kacang tanah,  Kecamatan Bula Barat berupa beras, jagung dan gabah berasal dari jembatan basah dan Kerepek ubi jalar dari Desa Akijaya. Sementara Kecamatan Seram Timur dan Kilmury menampilkan Tepung Sagu bermerek Ratu Andan dari Desa Angar, teh hutan bermerek Rumadelas, Krepek Ubi Alat dan beberapa jenis makanan yang letaknya di Desa Mising dan Angar serta Ikan Abon Julung.

Selain itu, jenis bahan khiasan yang dipamerkan seperti keramik hasil karya masyarakat SBT.

Menariknya karena semua desa di SBT menampilkan makanan ciri khas dan kreasi dari desa mereka.

Usai kegiatan dimaksud, Artis Maluku Dodie Latuharhary meramaikan masyrakat kota Bula dengan lagu-lagu favorit Maluku seperti Dingin, Pisah , Dangke Banyak, dan beberapa lagu lainnya. Tak kalah, Pimpinan DPRD Agil Rumakat yang juga merupakan Jendral Barakat dan Mantan Bupati SBT Abdullah Vanath turut memberikan semangat dengan menyanyikan lagu-lagu Ambon. ( S-19)