BUPATI Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas mengancam akan melakukan mutas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah SBT yang dinilai malas.

Keliobas langsung mengintruksikan kepada Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwairumaratu untuk mengecek PNS yang tidak hadir mengikuti pencanangan Sabtu Bersih dan bakti sosial yang berlangsung di jalan Protokol Kota Bula, Sabtu (19/2).

“Pak Sekda, kalau yang tidak hadir dicrosscheck. Kalau memang tidak mau lagi bertahan disini, nanti kita taruh di Kesui dan Teor saja. Ini dicatat, tidak akan main-main lagi,” tegas Keliobas.

Dia juga membeberkan, sifat malas yang ditunjukkan sebagian ASN itu menjadi menyebab kurangnya semangat dan etos kerja ASN di kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ itu.

Menurutnya, jika sifat malas yang ada pada diri ASN di masing-masing dinas dan badan itu tidak bisa ditertibkan oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. Ia menilai hal tersebut menjadi ukuran pimpinan OPD yang gagal. “Bagaimana mau bicara tentang perangkat yang baik, sementara sendiri saja  masuk kantor tidak tepat waktu, pulang kantor juga semaunya saja,” cetusnya.

Baca Juga: Pemkab SBT Canangkan Gerakan Sabtu Bersih

Bupati SBT dua periode itu mengatakan, masalah disiplin ASN ini sudah sering disampaikan saat apel, sehingga dia mengingatkan kembali kepada pimpinan OPD agar memperhatikan PNS yang rajin berkantor.

“Bagaimana kalau ASN masuk kantor tidak tepat waktu, pimpinan OPD sendiri juga tidak pernah. Sudah begitu, nanti tugas-tugas diberikan kepada orang yang malas, perjalanan dinas diberikan kepada orang yang malas,” katanya.  (S-19)