BUPATI Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tutuk Tolu, Kian Darat dan Siritaun Wida Timur, Selasa (26/7).

Kunjungan kerja ini dalam rangka mengunjungi daerah dampak bencana alam sekaligus memberikan bantuan kepada warga.

Dalam Kegiatan ini Bupati didampingi oleh Pimpinan OPD dan Baznas Kabupaten SBT.

Diberitakan sebelumnya, banjir rob melanda sejumlah desa seperti Denama, Desa Kian, Desa Geser, Desa Keta dan Desa Kianlaut, Kecamatan Siritaun Timur, Sabtu (16/8).

Sedikitnya puluhan rumah dilaporkan terendam akibat naiknya permukaan air laut ke pemukiman warga di Kecamatan Tutuk Tolu, Kecamatan Kiandarat, Kecamatan Seram Timur dan Kecamatan Siritaun Wida Timur.

Baca Juga: Kwairumaratu Diharapkan Benahi Tata Kelola Birokrasi

Selain itu, banjir rob menyebabkan sembilan rumah di Desa Denama, kecamatan Tutuktolu rusak berat.

peristiwa itu terjadi Sabtu (16/7) namun sampai sekarang warga terdampak bencana di des tersebut belum memperoleh bantuan dari pemerintah daerah setempat.

Yajuba Rumodar, salah satu warga setempat mengatakan, selain sembilan rumah rusak berat, air pasang laut juga merendam beberapa rumah warga yang lain yang berada di bibir pantai.

Menurutnya, saat ini warga sangat membutuhkan bantuan penanggulangan bencana dari pemerintah daerah.

“Sampai sekarang belum ada bantuan yang datang. Harapannya, pemerintah daerah turun melihat kondisi masyarakat dan rumah-rumah yang kemasukan air laut kemarin,” ujar Rumodar.

Diketahui, selain Desa Denama, banjir rob yang terjadi Sabtu (16/7) lalu juga menghantam rumah warga di beberapa desa lainnya seperti Desa Nama, Desa Kian Laut dan Desa Ketta.

Sejumlah rumah warga yang berada di bibir pantai dilaporkan terendam air laut dengan ketinggian rata-rata mencapai 50 cm. warga terdampak banjir rob, yang berada di desa-desa tersebut juga membutuhkan bantuan pemerintah untuk penanggulangan dampak bencana. (S-08)