BUPATI Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua resmi melepaskan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu ke Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sebagaimana diketahui  MTQ ke-XXIX tingkat  Provinsi Maluku akan digelar di Saumlaki Kabupaten KKT,karenanya Bupati meminta kalifah kabupaten Maluku tengah harus menunjukkan rasa hormat terhadap adat istiadat (tradisi) masyarakat setempat.

“Ingatlah  anda semua adalah duta Kabupaten Maluku Tengah,olehnya saya menghimbau agar seluruh kontingen dapat menjaga sikap dan perilaku, menghormati adat-istiadat masyarakat setempat, serta senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain,”Tandas Tuasikal saat memberikan sambutan pelepasan di Baileo Sukarni Masohi, Selasa (15/3).

Dikatakan MTQ merupakan implementasi dari perwujudan visi Kabupaten Maluku Tengah terutama dalam penguasaan ilmu yang berada dalam kandungan Al Qur’an yang menjadi tuntunan bagi kehidupan umat Islam.

“Saya berpesan tetap semangat dalam meraih prestasi. Jangan lupa jaga kesehatan selama di Kabupaten Saumlski. Tetap jaga kekompakan dan nama baik Kabupaten Maluku Tengah. Selamat berjuang untuk meraih prestasi,” jelasnya.

Baca Juga: Abua: Ini Wujud Komitmen Petani Dukung Tugas Pemerintah

Abua mengingatkan semua elemen Kalifah untuk senantiasa menjaga persatuan, kesatuan dan kekompakkan Tim, mulai dari saat ini, hingga kembali lagi ke Kabupaten Malteng nantinya.

“Hal ini penting untuk dilaksanakan, sehingga dimanapun kita berada, kita tetap menebar keharuman daerah kita, Bumi Pamahanunusa tercinta ini,” kata Abua.

Mengingat kompetisi MTQ yang akan digelar masih dalam situasi pandemi Covid-19, Ia berharap seluruh kontingen dapat menjaga kesehatan diri dengan senan­tiasa menaati protokol kesehatan.

“Seiring dengan keberangkatan Kontingen MTQ sebentar nanti, atas nama pribadi, Pemerintah dan masyarakat Maluku Tengah, saya berpesan agar seluruh kontingen selalu konsisten menerapkan protocol kesehatan dalam setiap aktifitas, agar terhindar dari virus dan penularan penyakit,”pesannya sembro menambahkan,Kami mendoakan semoga kafilah MTQ Kabupaten Maluku Tengah senantiasa diberi kekuatan iman, kesehatan, kesabaran, serta kekuatan lahir batin, sehingga mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MTQ sampai selesai.

Abua mengapresiasi LPTQ dan pelatih Kabupaten Malteng, atas dedikasi dan loyalitas serta kerja kerasnya yang telah mampu mempersiapkan seluruh kalifah untuk siap mengikuti MTQ tingkat Provinsi Maluku di KKT nanti.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten, saya ucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan­nya, sehingga limit waktu yang cukup singkat dapat dimanfa­atkan bagi pemantapan kualitas para kafilah. Selanjutnya, kepada official dan pimpinan kontingen, saya mengharapkan agar senantiasa mendampingi serta mengecek secara rutin kondisi kesehatan setiap peserta, sehingga performa kontingen dapat maksimal hingga di akhir kegiatan,”harapnya. (S-17)