TIAKUR, Siwalimanew – Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Benjamin Noach mengaku kalau jumlah SDM yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para pembina dan pelatih pembina di MBD, jumlahnya masih sangat terbatas.

Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina harus terus ditingkatkan. Bahkan, berkaitan dengan hal tersebut, kwartir nasional, daerah dan cabang juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan pramuka dimanapun berada.

“Untuk itu saya berharap, Kwarcab MBD bersama kwartir di kecamatan dan gugus depan di setiap sekolah harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan dan anggota di wilayah masing-masing,” pinta bupati dalam arahannya saat memimpin upacara memperingati Hari Pramuka ke-62 di Lapangan Kalwedo, Kota Tiakur, Senin (14/8).

Bupati mengatakan, segenap anggota gerakan pramuka di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur, karena organisasi pendidikan kepanduan praja muda ini telah genap berusia 62 Tahun. Bahkan, saat ini gerakan pramuka terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan pemerintah di bidang pendidikan non formal, khususnya dalam pembentukan karakter.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun ini adalah, dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62 Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan. Tema ini menunjukan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional.

Baca Juga: Walikota Lepas Peserta SBAM FUN RUN 2023

“Mencermati SDM kita yang ada sekarang ini masih jauh yang kita harapkan, disamping itu wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur dan tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajud persatuan dan kesatuan,” harap bupati.(Mg-2)