PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Timotis akerina menghadiri perayaan budaya antar dulang yang digelar oleh masyarakat Dusun Talaga Piru, Kecamatan Seram Barat.

Festival budaya ini sendiiri di hadiri oleh ribuan masyarakat kabupaten dengan tajuk Saka Mese Nusa tersebut.

Budaya antar dulang yang biasa di gelar pada setiap tujuh hari raya Idul Fitri dan kali ini itu mengangkat tema “Dengan semangat baru kita lestarikan adat budaya antar dulang menuju masyarakat yang beradat dan berbudaya”.

Prosesi Adat antar kora-kora (dulang) tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi ini mulai dari Rumah Imam Masjid Saary menuju ke Masjid Dusun Ataqwa Talaga Piru secara simbolis yang di antarkan oleh Bupati Timotius, Waka Polres SBB Kompol James Sumbung, Kepala Desa Negeri Piru Oktofianus Manupassa, Imam Masjid serta Tua- Tua Adat Dusun Talaga Piru.

Kora-kora (Dulang) yang di antar dengan tarian hadrat oleh Pemuda Talaga Piru ke mesjid berjumlah 15 buah, yang di dalamnya terdapat sejumlah makanan.

Baca Juga: RT/RW Diberi Peran Selesaikan Masalah

Ribuan warga masyarakat Kabupaten SBB dari berbagai Dusun dan Desa pun ikut memeriahkan budaya tersebut sehingga sempat membuat arus lalulintas dari Piru menuju Kecamatan Huamual dan sebaliknya macet. (S-17)