PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Moh. Yasin Payapo mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa untuk saling bergandengan tangan menjaga persatuan orang basudara agar menjadi motivasi dan semangat bagi pembangunan di daerah ini.

“Saya ajak seluruh masyarakat saling bergandengan tangan jaga persatuan orang basudara agar jadi motivasi dan semangat bagi proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kabupaten ini,” tandas bupati dalam pidatonya pada Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten SBB ke-17 di ruang sidang DPRD, Kamis (7/1)

Dikatakan, peringatan HUT Kabupaten SBB yang dilaksanakan setiap 7 Januari merupakan peristiwa yang bersejarah dan bermakna, untuk itu masyarakat SBB harus  berterima kasih dan memberikan penghargaan atas jasa para tokoh dan pendiri kabupaten yang telah memperjuangkan terbentuknya daerah otonom ini.

Memasuki empat tahun kepemimpinannya, dirinya telah menata SBB ke arah yang lebih baik yang bertujuan untuk memajukan daerah ini ke depan disemua aspek kehidupan demi kesejahtraan masyarakat yang adil, makmur dan bermartabat.

“Saya juga taruh harapan besar kepada DPRD dalam menaruh visi dan misi melanial rencana pembagunan jangka panjang dalam semua bidang demi kesejahtraan masyarakat. Saya juga ajak semua masyarakat menjaga persatuan dalam bingkai pela gandong orang basudara demi kedamaian dan ketenteraman,” ucap bupati.

Baca Juga: Penggunaan Bantuan Sosial akan Dievaluasi

Menurutnya, di usia ke-17, tentunya akan muncul berbagai perubahan-perubahan dalam aspek fisik dan prilaku kehidupan, baik kondisi sosial budaya, ekonomi, politik serta keamanan dan ketertiban. Bahkan mudah sekali muncul berbagai kesenjangan dan kerawanan sosial.

“Untuk itu saya ajak katong samua dengan nurani kita masing-masing, sama-sama untuk terus gotong royong dan kalesang membenahi par kase bae Bumi Saka Mese Nusa yang katong sayangi, agar leluhur dapat tersenyum dan doa katong semua disambut Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT,” ujarnya.

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 kata bupati, namun banyak pembangunan infrastruktur, bantuan budiya perikanan, bantuan sosial serta sebagainya bisa berjalan dengan baik demi kesejahteran masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPRD SBB Abdul Rasyid Lisaholith menambahkan, memasuki usia ke-17, pemkab telah berupaya melakukan pembangunan disegala bidang, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Payapo dan Akerina selaku bupatid an wabup, salah satunya kesediaan sarana prasarana yang semakin meningkat, baik jalan, jembatan, maupun sarana pendidikan, kesehatan, perhubungan dan sebagainya yang sampai saat ini sudah mampu membuka ketersolasian sebagian besar wilayah di SBB.

“Pada momentum ini, saya atas nama DPRD mengucapkan terimah kasih dan penghargaan kepada para pejuang, perintis, dan pendiri kabupaten ini yang telah berikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan,” ujarnya.

Untuk itu, Lisaholith mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjadikan HUT kabupaten tahun ini sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang akan dilakukan, demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Kedepan masih diperhadapkan dengan tantangan yang semakin berat yang ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan, serta penyesuaian dan perjuangan untuk memperoleh perhatian dan perlakuan yang serius dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

“Untuk itu, lewat momentum peringatan HUT ke-17 ini, pemkab membutuhkan dukungan dari semua masyarakat untuk saling bahu membahu membagun daerah ini kedepan yang lebih baik lagi,” harapnya. (S-48)