PIRU, Siwalimanews – Walau sampai saat ini, 1.265 dosis vaksin Covid-19 yang diperuntukan bagi Kabupaten Seram Bagian Barat belum tiba, namun Pemkab telah menyiapkan gudang farmasi milik Dinkes sebagai tempat penyimpanan vaksin-vaksin tersebut.

Gudang farmasi yang disiapkan pemkab ini, lengkap dengan cold chain  dengan suhu bisa sampai mines 20 derajat celcius.

“Vaksin yang ada ini dibawa mines 2 sampai 8 celcius, sedangakan untuk kita di SBB gudang untuk penyimpanan vaksin sudah siap, dan alat penyimpnan kita itu bisa mencapai 20 derajat celcius,” jelas Kadis Kesehatan SBB Anis Tapang kepada Siwalimanews usai Paripuran HUT Kabupaten ke-17 di Gedung DPRD, Rabu (7/1).

Vaksin ini sendiri jelas Tapang, merupakan tahap I yang akan diperuntukan bagi tenaga kesehatan sebanyak 1.265 orang. Untuk hari pertama pelaksanaan vaksinasi sendiri telah dijadwalkan pada, Jumat (15/1).

“Untuk vaksinasi kami sudah siap. Dari jumlah 1.265  nakes itu sudah terdaftar dan dijadwalkan hari pertama vaksinasi dilakukan pada 15 Januari dan kemungkinan bersamaan dengan Pemprov Maluku,” jelasnya.

Baca Juga: 29 Fasyankes Jadi Tempat Penyimpanan Vaksin

Menurutnya, kehadiran vaksin ini juga sangat membantu untuk meredam penyebaran Covid-19 serta dapat mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pemkab sudah menyiapkan semua nakes untuk menjalani vaksinasi di tahap I nanti.

Dinkes sendiri hingga saat ini terus meningkatkan koordinasi dan sosialisasi dengan masyarakat terkait vaksin ini, sehingga saatnya nanti tidak ada kekhawatiran dari masyarakat sebelum melakukan vaksinasi.

“Vaksin ini sangatlah penting dalam menangkap peredaran virus corona. Untuk itu, semua nakes di SBB telah siap untuk menjalani vaksinasi di tahap I, tinggal hanya tunggu waktu pelaksanaannya saja,” tandas Tapang. (S-48)