AMBON, Siwalimanews –  Perum Bulog Maluku Malut, memastikan bahan kebutuhan pokok khususnya pangan tersedia di gudang miliki mereka mencukupi hingga akhir bulan April ini.

Pimpinan Wilayah Bulog Maluku dan Malut Saldi Aldryn dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPRD Maluku, Selasa (4/3) di Baileo Rakyat Karang Panjang mengungkapkan, sampai dengan saat ini ketersediaan bahan pokok, baik beras, minyak goreng dan gula pasir tercukupi untuk satu bulan kedepan.

“Kebutuhan pokok yang ada di gudang kami tersedia sampai akhir bulan April. Jadi kami dapat pastikan selama lebaran nanti ketersediaan bahan pangan aman dan terkendali,” ujar Saldi.

Saldi merincikan, untuk beras medium hingga saat ini tersedia di gudang seluruh Maluku sebanyak 1.870 ton. Jumlah ini tersebar di Kota Ambon sebanyak 1,404 ton, sedangkan untuk gudang di Kota Tual tersedia sebanyak 465 ton.

Selanjutnya, untuk beras premium di Maluku tersedia sebanyak 169 ton, gula pasir 161 ton dan minyak goreng 125.526 liter, namun untuk beras medium yang saat ini sedang berada di gudang Bulog akan pergunakan untuk bantuan pangan dari pemerintah pusat kepada masyarakat di Provinsi Maluku.

Baca Juga: Harga Tiket Malra Tinggi, Pemkab Didesak Gandeng Maskapai Baru

“Sesuai dengan arahan Pemerintah pusat, maka total bantuan pangan yang akan disalurkan kepada masyarakat di 11 kabupaten/kota di Maluku sebanyak 1.285 ton, dengan rincian untuk Kota Ambon, Pulau Seram dan Pulau Buru sebanyak 878 ton, sedangkan untuk Kota Tual 406 ton,” rincinya.

Sementara itu kata Saldi, Bulog Wilayah Maluku dan Malut juga telah mencadangkan bahan pangan untuk penyaluran kepada anggota TNI dan Polri sebanyak 248 ton, dimana untuk Kota Ambon dan Kota Tual sebanyak 45 ton, sehingga total yang dicadangkan sebanyak 294 ton.

“Jadi sisa stok sisa yang tersedia digudang setelah dikurangi penyaluran sebanyak 260 ton hingga akhir April 2023 ini,” jelasnya.(S-20)