AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di ruang-ruang publik di Kota Ambon, maka Satuan Brimob Maluku dibawah pimpinan Kombes Pol M Guntur tak pernah lelah membantu pemerintah untuk melakukan sosialisasi maupun penyemprotan cairan disinfektan.

Pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan, Jumat (26/6) dilakukan di Pasar dan Terminal Mardika, terutama terminal mobil Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di kawasan Ruko Batu Merah.

“Kita lakukan penyemprotan di pasar dan terminal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebab pasar dan terminal merupakan ruang publik, sebab ratusan bahkan ribuan orang setiap hari ada disini,” ungkap Pasie Ops Detasemen Geganas Ipda A Manullang dalam rilis Sat Brimobda Maluku yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (26/6).

Dijelaskan, penyemprotan disinfektan serta penyampaian himbauan tentang protokol kesehatan ini melibatkan 10 personil Subden 3 Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Geganan Sat Brimobda Maluku.

Penyemprotan tersebut dilakukan di Terminal Mardika, Pasar Arumbae, Ruko Batu Merah, Terminal AKDP Seith, Liang dan Terminal Angkot Karpan. Selain terminal dan pasar, penyemprotan juga dilakukan di pemukiman warga di lorong Monalisa Kampung Jawa, Lapangan Merdeka, sepanjang jalan Pandan Kasturi, RS Bhayangkari, ATM di depan RS Bhyangkari.

Baca Juga: Kapolda Pastikan Kawal Bantuan Kemenparekraf

“Selain penyemprotan, personil kita juga berikan sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada para poedagang agar terhindar dari virus corona, dengan selalu memakai masker, cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, serta menjaga jarak ddengan menghindari kerumunan,” ujar Manullang.

Sosialisasi ini disampaikan kepada para pedagang kata Manullang, penting untuk dilakukan sebab para pedagang mereka miliki masker, namun kebanyakan tak mengenakannya, serta tak menghiraukan anjuran pemerintah tentang jaga jarak serta menghindari kerumunan. (S-45)