AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memastikan mutu layanan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional di seluruh pelosok negeri, maka BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Doctor Share Foundation dan Pemkab Tanimbar menyelenggarakan layanan medis RS Kapal Apung Nusa Waluya II di Pulau Larat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaggaf dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews menyebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi guna mendukung program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. untuk itu, patut disampaikan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan oleh Doctor Share Foundation dan Pemerintah Kabupaten Tanimbar, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik.

“BPJS Kesehatan ingin terus melakukan peningkatan layanan kesehatan kepada setiap peserta, termasuk pada peserta yang tinggal di daerah belum tersedia faskes sesuai dengan hasil penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Artinya kata Assagaf, jika pada suatu daerah belum tersedia faskes, yang memenuhi syarat guna memenuhi kebutuhan medis sejumlah peserta, maka BPJS Kesehatan wajib memberikan kompensasi sebagai upaya peningkatkan aksesibilitas penjaminan pelayanan program JKN bagi peserta program jaminan kesehatan.

Dia berharap, kerja sama ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya masyarakat di Kabupaten Tanimbar serta dapat membuka akses pelayanan kesehatan bagi daerah yang belum tersedia faskes yang memenuhi syarat.

Baca Juga: Pelayanan Purumda Ambon Belum Maksimal

“Semoga kegiatan pelayanan medis di RS Apung ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga kehadiran program JKN dapat benar-benar dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Bupati Tanimbar Ruben Moriolkossu pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih ataa terlaksananya kegiatan dimaksud. Pasalnya pelayanan medis RS Apung di Pulau Larat ini sangat membantu masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan. Mengingat di daerah ini, belum tersedia faskes yang memenuhi syarat, sehingga dengan ini tentu sangat terbantu.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan pemerataan derajat kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Tanimbar,” harapnya.(S-25)