AMBON, Siwalimanews – Pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum  Tirta Yapono, dinilai belum maksimal dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Untuk itu, Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan DPRD Kota Ambon Yusuf Wally minta adanya perhatian serius dari pemkot, dalam hal ini Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena agar secept mungkin menetapkan pimpinan definitif pada Perumda Tirta Yapono.

“Ini soal jabatan direktur yang hingga kini masih dijabat oleh seorang Plt. Perumda sudah harus dipimpin pejabat definitif, supaya persoalan air minum di masyarakat dapat ditangani secara serius,” ucap Wally kepada wartawan, di Baileo Rakyat, Belakang Soya, Senin (9/10).

Menurutnya, saat ini banyak persoalan di masyarakat terkait ketersediaan air minum. Hal itu diketahui dari sejumlah keluhkan masyarakat terkait pelayanan air minum, yang harus disikapi secara baik.

“Perumda dibuat untuk pelayanan air bersih bagi masyarakat. Selain itu, Perumda bertujuan untuk profit guna pemasukan kas daerah,”ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Akhirnya Serahkan Dokumen KUA-PPAS APBDP

Dia menyebut, kekayaan Perumda saat ini kurang lebih Rp21 miliar. Sementara laba atau keuntungan yang diperoleh hanya Rp1 miliar lebih.

“Ini harus jadi perhatian. Artinya, manajemen dan pengelolaan Perumda perlu ditata agar perusahaan daerah ini lebih sehat,” tegasnya.(S-25)